GIVEAWAY Javier

Yay, giveaway pertama di tahun 2015. Kali ini berkesempatan berduet dengan Mbak Jessica Huwae😉

Buku ini tentang penulis yang mengalami writer’s block alias kebuntuan dalam menulis. Mbak Jessica Huwae akan membagikan tiga eksemplar sekaligus plus tanda tangan penulisnya juga loh!😉

MAUUU?!?! 😀

Simak syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia

2. Follow akun twitter @lucktygs dan @jessicahuwaeJangan lupa share dengan hestek #GiveawayJavier dan mention via twitter.

3. Follow blog ini, bisa via wordpress atau email.

4. Jawab pertanyaan di kolom komentar di bawah, plus nama, akun twitter, dan kota tinggal. Pertanyaannya adalah jika kamu sedang mengalami kebuntuan dalam melakukan sesuatu, hal apa yang membangkitkan mood-mu itu? Traveling, shopping, maraton nonton DVD, wisata kuliner atau apapun itu ya😀

5. Tuliskan komentar tentang REVIEW Javier, di link ini

https://luckty.wordpress.com/2015/01/13/review-javier/

6. Giveaway ini juga boleh di share via blog, facebook, dan sosmed lainnya. Jangan lupa sertakan hestek #GiveawayJavier yaaa… 😉

Event ini gak pake helikopter, eh Rafflecofter yang ribet itu. Jadi pemenang ditentukan dari segi jawabannya yaaa… ( ‘⌣’)人(‘⌣’ )

#GiveawayJavier ini berlangsung dua belas hari saja: 13-24 Januari 2015. Pemenang akan diumumkan tanggal 25 Januari 2015.

Silahkan tebar garam keberuntungan yaaa… 😀

-lucktygs-

 

60 thoughts on “GIVEAWAY Javier

  1. Simpel saat sedang stuck dengan sesuatu jawabannya Hijrah/berpindah. Seperti Rasul mengajarkan, saat titik dimana penduduk Mekah tak bisa menerima lagi ajaran Rasulullah berpindah ke Madinah.
    Itu yang aku terapkan, saat jemu melakukan sesuatu aku berhenti dari aktifitas itu kemudian mencoba mengerjakan hal lain yang menyenangkan untuk membangun mood. Sesimpel itu aja sih menurut aku. Salah satu hal yang meningkatkan mood adalah membaca novel🙂

  2. Nama: Fenita Gustini
    Akun twitter: @fenitagustini
    Kota tinggal: Baturaja

    Lebih spesifik, kebuntuan yang kualami dengan writer’s blog *yang sering kusebut tak berkesudahan*. Karena ya itu, selalu balik dan balik lagi, kambuhan. Aku punya mimpi jadi penulis dan belum terwujud😦, jadi, apa penulis hanya sekedar jadi mimpi buatku? jawabannya tidak! Satu karyaku pernah mejeng di buku antologi penerbit indie. Hanya satu!

    File naskah menumpuk di draft dan belum terselesaikan karena writer’s block. Mungkin aku hanya belum menemukan cara yang cocok aja untuk mengatasi kebuntuan ini. Udah coba baca buku, nonton, shopping, ngemil dan banyak lagi. Tapi kadang ampuh ngatasin writer’s block, tapi di kesempatan lain nggak ngaruh.

    Jadi, aku masih nyari, apa cara yang bener-bener tepat.

  3. Beberapa hal yang saya lakukan kalo otak lagi buntu, mostly pas lagi ngerjain tugas kuliah atau bikin review buku😀
    – Nonton film, serial tv atau drama Korea yang bergenre komedi
    – Surfing di internet, social media, cari info tentang buku baru atau sekadar baca-baca gosip artis x))
    – Ngemil. Katanya sik, peneliti menemukan kalo coklat bisa bikin mood balik, selain coklat favorit saya yang lain adalah es krim. Cara yang ini berhasil sik, cuma sedikit menguras kantong T_T
    – Dan yang paling praktis tapi selalu berhasil adalah: TIDUR. Yak, tidur bisa me-refresh otak saya kembali sehingga bikin mood balik lagi. Trust me, it works *gaya mas-mas l-men*
    Akan lebih ampuh lagi kalau melakukan “kolaborasi” dari yang di atas. Nonton Modern Family sambil ngemil abis itu tidur. Perut kenyang, tidur siang, hati pun senang x))

    Nama: Ariansyah
    Domisili: Baturaja, Sum-Sel
    Twitter: @ariansyahABO
    link share: https://twitter.com/ariansyahABO/status/554808775610089472
    follow blog via email: ariansyahabo@gmail.com

  4. nama : shofiullah
    twiiter : @esfiu
    domisili : jakarta

    klo lgi buntu banyak cara yang sering sya lakukan, seperti travelling atao nonton film, tapi yang sering banget sy lakukan adalah mencari tempat yang sunyi lalu sy memandangi satu objek, dari stu saya seketika mncul bnyk ide. banyak tempat untuk mencari ketenangan dan sepi, contohnya naek di atas genteng. Hehehe.

    karena bagi saya menulis butuh suasana yang tenang dan sunyi🙂

  5. Nama: Silvi Salsabil
    Twitter: @shelv_25
    Domisili: Tangerang Selatan

    j*ika kamu sedang mengalami kebuntuan dalam melakukan sesuatu, hal apa yang membangkitkan mood-mu itu?
    Biasanya aku..
    1. Ngemil / makan (kadang pikiran buntu pas perut kosong, jadi perut harus di isi ulang😛 apalagi kalo ngemil/makan makanan favorit)
    2. nyanyi2 di kamar mandi sambil nyuci (haha…biasanya kalo di kamar mandi pasti banyak ide yang tiba2 bermunculan)
    3. nonton ulang film kartun / anime yang ada di pc (terutama yg genre nya comedy)
    4. Tidur (terkadang saat bangun dan inget mimpi, bisa jadi membuat mood kembali bagus lagi)

  6. Nama : Ratih Cahaya
    Twitter : @ratiihcahaya
    Domisili : Bogor

    Jika sedang mengalami kebuntuan dalam menulis, maka saya:
    1. Ambil buku favorit dari penulis favorit. Baca dan tulis ulang kalimat/paragraf yang paling saya suka dari buku itu.
    2. Dengerin lagu yang sesuai sama setting di cerita yang sedang saya tulis. kalau ceritanya bernuansa sedih maka lagunya pun yang mellow-mellow, kalau bahagia atau senang, lagunya yang ceria juga.
    3. coret-coret atau bikin doodle/gambar adegan yang mau ditulis tapi buntu itu.
    4. bikin obrolan imajiner sama tokoh yang ada di cerita saya. saya tanya maunya apa, apa alasan dia melakukan ini-itu. intinya berusaha lebih kenal sama si tokoh dalam cerita.
    selama ini, yang paling sering saya lakukan dalam mengatasi kebuntuan menulis adalah No. 2 dan No.4 .

    dan kepada Mbak Luckty, aku follow blog ini lewat blogspot. sudah termasuk follow belum ya? atau harus follow lewat email juga?

  7. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Domisili : Makassar

    apakah kebuntuan melakukan sesuatu itu termasuk stress gak kak ? kalo termasuk, ini beberapa hal yang aku lakukan supaya mood-ku membaik..

    ~ buka website pernak-pernik lucu, website komedi seperti meme, dan blogwalking ke blog penulis-penulis terkenal
    ~ buka folder film, ada dua jenis film yang biasanya bikin mood tuh kembali ceria. Film jenis komedi, sama film jenis drama yang bikin mewek. Yang film jenis komedi tentu sudah jelas bikin happy, tapi yang drama seperti (Hello Ghost) sudah nonton pasti kita berpikir bahwa hidup itu sangat berharga.
    ~ nyanyi. gak pedulilah, suara aku gak bagus dan salah lirik. yang penting nyanyi dan ngeluarin beban. tapi, karena biasanya aku putar lagu korea, utnuk meminimalisasi kesalahan salah lirik jadi aku putar yang MV ada liriknya.😀
    ~ lalu, makan ! untuk situasi seperti ini, biasa makan ice cream paling ampuh ato yang ada es-nya lah. Supaya gak adem di perut aja, tapi di pikiran juga.
    ~ terakhir. bicara sama boneka tweety-ku. agak aneh ya ?. menurutku gak aneh🙂 yang aneh itu kalo pas bicara sama boneka, bonekanya bisa bicara juga. itu baru aneh :v

  8. Nama: Nurul (Ruru)
    Twitter: @y_fantazer
    Domisili: Jakarta

    Kalo lagi mengalami kebuntuan (kasusku biasanya berhubungan sama nulis atau nerjemah sih), hal yang biasanya aku lakuin adalah refreshing! Tapi bukan sembarangan refresing. Refreshingnya itu seneng-seneng tapi sambil ngumpulin mood. Caranya, biasanya aku baca atau nonton atau cari-cari sesuatu yang berhubungan sama hal yang lagi buntu itu. Contohnya:

    Aku ngalamin writer’s block pas lagi nulis cerita tentang Jepang, bergenre friendship. Yang aku lakuin ya nonton film atau baca buku yang berhubungan dengan Jepang atau yang genrenya friendship. Tapi jangan terlalu serius. Santai gitu. Betul-betul menikmati film/bukunya, nggak yang terobsesi pengin cari cara biar keluar dari kebuntuan. Soalnya kalo diniatin cari ide gitu biasanya malah terasa jadi beban dan idenya malah nggak ketemu. Ehehe…😄

    Biasanya sih baca buku-buku dari penulis yang bertipe sama juga ngebantu banget. Atau baca buku penulis baru. Itu bikin aku mikir, “mereka aja bisa! Masa aku nggak bisa!” Jadi semangat lagi deh🙂

  9. Siti lutfiyah azizah
    @fiya_azizah
    Ragunan, Jakarta Selatan

    Sebelum ikutan GA nya mau bilang dulu ah, kalo postingan2 mba asik semua,terutama yg review buku. Jadi menginspirasi buat gaya reviewnya. simpel tapi nangkep bgt mba. Berhasil bikin penasaran trus ma buku2 yg direview mba, hehe.

    Kalo saya pribadi buat ilangin mood ga enak dan naikin mood bagus itu biasanya dua cara:

    – lakuin hobi dan interest selama ini. Misal tiduran di kamar sambil baca buku dan ngemil. Kalau ada waktu lebih, mampir ke perpus dan pinjem buku secara random, mampir ke basecamp komunitas sosial yg saya ikutin (biasanya mood cepet balik kalo ketemu dan maen ama anak2 yg dibina, hehe), atau paling lama itu ambil ransel lalu.. Mari cari pengalaman baru, ketemu kenalan baru, di jalan dan daerah baru, hehe.

    – lakuin hal di luar kebiasaan rutin atau yang jarang dilakuin. Semacam ganti suasana kamar dengan cara ganti seprai, ubah tata letak tiap barang. Nguras keringat sih tapi abis itu berasa dunia baru lagi. Atau pernah juga pergi ke salon dan ganti gaya rambut. Atau tau-tau hubungi teman lama yg jarang ketemu, tanya ada waktu luang ga saat itu, lalu maen ke rumahnya atau janjian dimana gitu. Intinya sih hal-hal yang sifatnya spontan. Mikir ttg satu hal, lalu selama ga rugiin orang lain, tgl blg ke diri sendiri “Ayo kita coba!” dan udah deh action. Hihi.

  10. Nama : Maria
    Twitter : @celcifiana
    Domisili : Bekasi

    Hmm…
    Kalo lagi ga Mood ,biasanya aku nonton film korea sebanyak-banyak mungkin..
    soalnya kan di film korea itu ada adegan-adegan yang bikin kita sedih,nangis,ketawa,kesel dll. biasanya selesai nonton film korea mood aku kembali lagi🙂

  11. Ikutan ya Mb Luckty….lama ga dapet kiriman buku darimuuuu😉

    Nama : Uniek Kaswarganti
    Twitter : @UniekTweety
    Domisili : Semarang

    Jujur aja nih mba, klo lagi bete or buntu, ga tau mau ngapain lagi, biasanya yg pertama kali saya cari pasti suami hihihiii… Pergi berduaan ama dia itu mood booster yg paling ampuh. Sekedar ditemenin ke toko buku atau makan berdua udah bikin hati riang (klo yg lain2nya ga usah diceritain ya mba xixixixi…. ntar digampar org sejagad). Segala beban kerja ataupun rasa suntuk langsung ilang klo sudah dihibur sama soulmate saya yg satu itu.
    Maap ya klo jawabannya enggak mutu. Tapi asliiiii.. buat saya tips ini ampuh banget.

  12. nama: Dias Shinta Devi
    akun twitter: @diasshinta
    kota tinggal: Bogor, Jawa Barat

    hmm yang ngebangkitin mood aku itu biasanya makan makanan yang ada cokelatnya😀 entah itu cokelat bar, es krim cokelat, atau cuma sekedar astor-astor cokelat gitu hehe tapi kadang juga cukup dengan es krim aja sih bisa..
    tapi kalau lagi mengalami kebuntuan karena tertekan, biasanya aku wudhu trus sholat dulu supaya kepalanya dingin, baru deh ritual makan yang cokelat-cokelat.🙂

  13. Nama: Viona
    Twitter: @viionna_
    Tmpt Tinggal: Binjai, Sumatera Utara

    Wahhh… pertanyaannya bagus banget!!
    Jujur ya, aku sering banget ngalamin kebuntuan dalam melakukan sesuatu. Baik itu menulis review di blog (sering banget! Apalgi kalo buku yang dibaca sudah 1 minggu yang lalu, lupa semua. Komen yang pada awalnya bertebaran di sekelilingku waktu currently reading ilang semua) Gawdd.. Apalgi kalau disuruh buat KESIMPULAN dari berita atau cerita (biasanya tugas sekolah) yang paling parah: cari kesimpulan dari wawancara. Gila aja, kalau yang begituan bukan SERING lagi, tapi SELALU DAN PASTI BUNTU. Lalu solusinya apa? Tentu bukan nonton film. Karena aku udah pernah ngalamin itu. Menghilangkan kebuntuan dengan nonton film. Bukannya dapat solusi, malah tambah galau (btw, film yang aku nonton itu THE NOTEBOOK!! Gilaaa sedih bangett!!! Kak Luckty harus nonton!!) Nah, lupakan NONTON FILM. Yang biasa aku lakukan: Tidur (kalau buat tugas) lalu bangun lagi dan begong (FOKUS) lalu kerjain. Apapun jadi, yang penting nggak melenceng 360derajat= kalau buat tugas. Kalau ‘kebuntuan’ dalam menulis review di blog biasanya aku denger lagu yang slow mellow.
    Singkatnya: aku akan melakukan sesuatu yang nggak nambah beban pikiran. Bukan shopping yang bakal mikirin budget belanja, bukan nonton yang bakal mikirin ending, tapi sesuatu yang bikin kita fokus (seperti duduk di ruang tertutup seperti WC?)

  14. Nama: budi
    Twitter: @budi_clock
    Tempat: karawang

    Biasanya kalo mengalamin kebuntuan atas apa yang sedang saya alami, secara pribadi saya mendengarkan lagu” dari sheila on7 di perjalanan pulang ke kampung halaman soalnya aroma rumah itu beri saya relaksasi buat ketenangan dan berkumpul sama dua sahabat masa kecil saya melenyapkan kejenuhan dan melupakannya hingga bisa memulai lagi dengan rutinitas saya

  15. Nama : Syafira Ghassani
    Twitter : @firaghs
    Tempat : Bekasi, Jawa Barat

    hhmmm.. yang membangkitkan mood? banyak ~ hehehe
    biasanya sih nonton anime, apalagi kalau animenya banyak quotes yang bagus dan memotivasi makin seru deh😀 terus, dengerin lagu juga hehe.. biasanya ya lagu Jepang atau Taylor Swift, lagu yg ngebeat apalagi itu membangkitkan mood banget, bawaanya jadi ingin dance.
    kadang kalau bosen nonton anime atau dengerin lagu, ya ngobrol sama temen-temen yang sehobi. sharing informasi gitu jadinya gak kudet deh hehehe…

  16. andi febrianti pratiwi
    @fbriantipratiwi
    Makassar

    berhubung aku juga suka nulis kayak javier dan pastinya sering sekali mengalami writer’s block, aku sih mengatasinya dengan banyak hal. mulai dari nonton drama korea maraton–mengingat banyak scene romantis yang bisa dijadikan bahan menulis cinta-cintaan, nonton variety show korea–biar nggak stres mikirin draft, baca novel penulis lain–sekalian motivasi biar nulis lagi, dan pastinya… liburan!!! aku selalu yakin liburan semalam aja bisa bikin ide datang bertubi-tubi, karena aku pernah merasakannya. ah, jadi kangen pantai -_-

  17. Happy Muslimah
    @heppiemovic
    Serang

    kalo saya sedang berada dalam situasi not in the mood biasanya saya lebih memilih baca buku atau ngobrol bareng temen-temen. itu cara paling ampuh. keduanya sama2 bisa membangkitkan selera🙂

  18. Nama : Nuriyanni R
    twitter : @RianiJauzaa
    Kota : Malang
    keluar rmh utk jln2 terkdg lbh srg buang uang dan waktu. aku lbh memilih baca buku novel entah sdh pernah kubaca atau pun blm, membaca akn mnghibur pikiranku dgn mengalihkan kebuntuan ke imajinasi membaca, ap lg jk situasi sunyi, mningkatkan konsentrasi imajinasi. atau aku akan menyalakan lagu kemudian mulai bernyanyi sendiri dirumah ^_^.

  19. Nama: Hana Pratiwi
    Twitter: @HanaCuncun
    Kota: Semarang

    Jujur, saat ini pun saya telah mengalami kebuntuan. Bahkan sudah cukup lama. Dulu saat semangat menulis sedang membara, begitu banyak hal yang saya tulis dari hal sepele hingga lumayan penting. Tapi beberapa minggu bahkan bulan ini, saya tidak lagi sering membuka laptop. Kenapa? Saya tidak tahu. Setiap saya mendapatkan ide dan sudah mencorat-coretkan ide itu di note hape atau kertas atau media lain supaya tidak lupa, sampai di rumah dan sudah menghadap laptop, saya terus membiarkan layar word kosong. Saya buntu, malah akhirnya saya mengantuk dan tidur tanpa menulis apa-apa.

    Untuk mengatasinya, saya belum tahu… Mungkin saya perlu refreshing atau tidak memikirkan dorongan-dorongan penyemangat dari orang terdekat supaya saya menghasilkan novel lagi. Soalnya dorongan itu malah seperti menjadi semacam desakan. Padahal awalnya menulis itu hobi atau lahan curhat saya secara terselubung.

    #inikenapamalahcurhat :v

  20. Sampai saat ini, menulis & membaca adalah sarana therapi buat saya. Nggak bisa dipisahkan, keduanya saling melengkapi.
    Kalau lagi buntu menulis, ya membaca (seringnya sih gini:p)
    Kalau lagi bosen membaca, ya menulis (yang ini lebih jarang:p hahaha)
    Dan jenuh menulis & membaca, untungnya ini belum pernah:)

    @dianmariani – jakarta

  21. Nama: Nikmal Abdul
    Akun twitter: @NikmalAbdul
    Kota tinggal: Medan

    Kalo aku sih, satu hal yang bisa ngebangkitin moodku. Hal itu adalah mandi. Entah kenapa, waktu mandi rasanya seger. Guyuran air yang hangat seakan membuat otakku lebih rileks dan sekujur badanku yang pegal rasanya terbakar oleh hangatnya air.

    Selain itu, pas mandi juga terkadang bisa memunculkan ide-ide baru yang cukup brilian.😀

  22. Nama : Dian S
    Twitter : @DeeLaluna
    Kota : Ngawi
    Share : https://twitter.com/DeeLaluna/status/555338672539578370
    Hal paling simpel saat aku moody adalah ngopi, dan dengerin musik yang sesuai dengan hati. Em, akhir-akhir ini lagi seneng dengerin gesekan senar violinnya Lindsey Stirling.
    Tapi, kalau moody-nya parah banget, berarti aku harus keluar rumah sekedar nongkrong di cafe (lagi-lagi ngopi) sama teman-teman. Melupakan apapun aktifitas yang harusnya aku kerjakan tapi sama sekali nggak menemukan ide. Bercanda dan ngobrolin apapun yang ringan.
    Dan, kalau udah taraf dewa, aku pilih traveling backpackeran ke mana gitu, yang sesuai isi dompet aja. Kadang pilihannya sih ke Jogja atau ke pacitan yang banyak pantainya.
    Kadang, pantai yang sepi khas pacitan, atau jogja yang ramai bisa menimbulkan semangat yang lama mengendap. Perjalanan semakin jauh, semakin menyadarkan kita, banyak hal di dunia ini untuk terus dieksplor. Stuck adalah hal paling sia-sia di dunia jika kita biarkan saja.
    Perjalanan selalu membawaku pada hal-hal yang tak pernah kuduga sebelumnya.
    Dan, kopi adalah sahabat paling setia untuk bangkit kembali.

  23. Nama: Nur Ramadhani Anwar
    Akun twitter: @DhaniRamadhani
    Kota tinggal: Jeneponto

    Jika mengalami kebuntuan, saya melakukan:
    – Minum kopi! aroma kopi selalu membuat saya tenang dan senang ^^
    – Baca buku, biasanya buku-buku yang ringan dan romance. Itu bisa membangkitkan perasaan-perasaan cinta juga dan akan membuat senang.
    – Nonton film.
    – (ini kalau lagi mengalami kebuntuan dalam menulis cerpen) saya biasanya memulai chat dengan teman-teman saya mengenai tema yang akan saya tulis, biasanya komentar-komentar absurd lah yang membangkitkan ide. sejauh ini, ini yang paling ampuh.
    – Dengerin musik kesukaan sambil nyanyi keras-keras.
    – Ngemil. Ohhh ngemil. Hahaha.
    – Lempar opini di medsos.
    – Ngeblog.
    – Jalan kaki dan mengamati orang lain.

    Yah gitu deh. Tapi semoga tidak sering-sering buntu deh. Semoga juga buntu tidak dikambinghitamkan oleh kemalasan. uppsss.

    *baca mantra biar menang

  24. Nama: Phalupi Apik Herowati
    Twitter: @phalupiAhero31
    Kota Tinggal: Jakarta

    Kalau lagi buntu biasanya aku nulis di buku diary apa aja yang terlintas. Curhat sepuasnya sampai bisa menarik napas lega.
    Setelah itu nemenin anakku naik odong-odong. Menghirup udara segar sambil melihat pemandangan sekitar kompleks. Lagu-lagu juga bisa request ke abangnya. Mau dangdut, lagu anak, atau lagu yang lagi trend saat ini.

  25. Nama : Masitah FItria Ningrum
    Twitter : @masitahfn
    Kota Tinggal : Kalimantan Timur – Samarinda
    Komentar: Jika mengalami kebuntuan dalam hal menulis novel biasanya saya jalan-jalan besama teman-teman untuk sekedar berfoto-foto atau sekedar makan dan nongkrong. jika perjalanan menuju tempat itu cukup jauh biasanya saya mendengarkan lagu sambil mengendarai motor. dari list-list lagu yang saya putar biasanya saya akan bernyanyi-nyanyi sendiri sambil berkendara. nah dari lagu tersebut biasanya saya akan menemukan moodboster untuk bahan apa yang akan saya tulis selanjutnya. ketika sampai ditempat tujuan. melihat keadaan sekitar adalah inspirasi baru bagi saya, apapun yang saya lhat. jika saya tidak menemukan teman untuk jalan-jalan. ya saya jalan sendiri sambil membawa laptop tentunya daripada bete jalan sendirian. jadi kayak pindah tempat nulis gitu deh hehe. Intinya jalan-jalan dan melihat hal baru adalah inspirasi baru untuk saya sendiri.

  26. Nama : Masitah FItria Ningrum
    Twitter : @masitahfn
    Kota Tinggal : Kalimantan Timur – Samarinda
    Komentar: Jika mengalami kebuntuan dalam hal menulis novel biasanya saya jalan-jalan besama teman-teman untuk sekedar berfoto-foto atau sekedar makan dan nongkrong. jika perjalanan menuju tempat itu cukup jauh biasanya saya mendengarkan lagu sambil mengendarai motor. dari list-list lagu yang saya putar biasanya saya akan bernyanyi-nyanyi sendiri sambil berkendara. nah dari lagu tersebut biasanya saya akan menemukan moodboster untuk bahan apa yang akan saya tulis selanjutnya. ketika sampai ditempat tujuan. melihat keadaan sekitar adalah inspirasi baru bagi saya, apapun yang saya lhat. jika saya tidak menemukan teman untuk jalan-jalan. ya saya jalan sendiri sambil membawa laptop tentunya daripada bete jalan sendirian. jadi kayak pindah tempat nulis gitu deh hehe. Intinya jalan-jalan dan melihat hal baru adalah inspirasi baru untuk saya sendiri. #GiveawayJavier

  27. Kalo lagi buntu biasanya sih :
    1. aku makan, entah itu makanan ringan atau berat.
    2. Hangout sama temen
    3. Nonton Kdrama
    4. Sharing sama temen
    5. Curhat curhat gak jelas di sosmed
    6. Kerjain kerjaan rumah.
    7. Minum es yang seger seger

    Nama : Linda Novianty
    Twitter : @cumee22
    Kota : Bekasi

  28. Nama: Adinda Putri Citradewi
    Kota tinggal: Cerme, Gresik, Jatim
    Twitter: @Adindaputri29D

    Hooray GA lagi, bismillah menang amiinn….
    Biasanya kalau aku lagi ngerasa buntu, ini hal-hal yang sering kulakuin….
    1.) Ngerjain pr yang belum dikerjakan :p
    2.) Kalau nggak ada tugas numpuk baca novel yang belum dibaca/ di timbunan.
    3.) nonton film sesuai mood atau film favoritku, Hugo atau Harry Potter
    4.) nyelesain cerpen buat dimasukkin majalah sekolah tahun ini. Lumayan cerpenku di majalah tahun lalu masuk, terus dapat gaji. Lumayan buat ditabung dan sebagai awalan baru untuk mengejar cita-citaku menjadi penulis.
    5.) Bantu ibu ngerjain kerjaan rumah tangga
    6.) momong sekaligus gila-gilaan sama adek hehehe
    7.) makan jajan seadanya di rumah (makan banyak tapi tetep kurus -_-)
    8.) ngerekam suara nyanyi lagu favorit, nggak peduli suaraku serak serak jembrot wkwkwk
    9,) ngumpulin quotes-quotes dari novel yang sedang dibaca buat inspirasi sebuah novel yang suatu saat mau kutulis.
    10.) Biasanya nggambar, kadang-kadang nggambar burung Mockingjay >.< (nggak tahu kenapa aku suka banget nggambar itu)

  29. Nama : Tasya Permata Sanjaya
    Twitter : @tasyatasa_
    Domisili : Klaten
    Hal yg aku lakukan untuk membangkitkan mood adalah sholat, krn dengan sholat dpt menenangkan hati & pikiran . Membaca Al Quran , dengan membaca alquran kita akan bertambah bahagia jadi mood kita menjadi lebih baik .
    Jalan2 keluar rumah sebentar , karena dpt membantu kita agar kita menjadi lebih fresh kalo jalan2.
    Makan Coklat , pasti semua orang suka bgt sama makanan yg satu ini ,coklat mengandung bahan2 yg dpt meningkatkan mood kita jadi kalo kita lagi galau & suntuk mending makan coklat aja dijamin langsung mood jadi baik deh😀

  30. jika kamu sedang mengalami kebuntuan dalam melakukan sesuatu, hal apa yang membangkitkan mood-mu itu?

    Masuk kamar, terus tidur. Soalnya kalo lagi buntu atau jenuh pasti bawaan emosinya nggak stabil. Berusaha menghindari orang lain dulu sementara waktu. Ngerasa males interaksi sama orang pasti. Soalnya kalo dipaksa interaksi pun, bawaannya malah pengen ngomel-ngomel mulu. Yang paling parah, pasti jadi ngejutekin orang lain yang padahal dia nggak salah apa-apa.

    Setelah bangun tidur, biasanya rada mendingan. Tapi kalo sampe nggak baik juga biasanya aku corat-coret apapun di buku, curhat aja gitu. Apa yang menjadi keresahan aku, tentang kebuntuan itu. Setelah itu, biasanya rasanya jauh lebih baik.

    Setelah itu, nyetel musik mellow di playlist yang pasti bikin tiba-tiba ngegalau. Tapi biasanya, malah kalo lagi ngerasa melankolis. Ide-ide selalu muncul begitu saja. Jadi nggak ngerasa buntu lagi. hehehehe

    Mita Oktavia
    Bogor, Jabar
    @Oktaviamithaa
    https://luckty.wordpress.com/2015/01/13/review-javier/#comment-13227

  31. Nama: Furia Ega Tyas
    Twitter: @tyassharf
    Kota: Jakarta Selatan

    Satu-satunya cara saat mengalami kebuntuan dalam menulis adalah refreshing.
    Tapi, setiap orang pasti punya cara yang berbeda. Dan ini lah cara ‘refreshing’ ku:
    1. Minum kopi; mulai dari kopi susu sampai kopi hitam, tergantung tingkat kebuntuannya.
    2. Makan coklat atau es krim: dua makanan itu selalu membuat mood kembali.
    Kalau dua hal diatas masih tidak mempan. Aku melakukan hal selanjutnya:
    3. Pergi ke tempat-tempat terbuka (re: bukan mall)
    4. Mengobrol dengan teman yang bisa membuatku tertawa.
    Dan biasanya, setelah ‘refreshing’ seperti itu, kebuntuan pasti akan terbuka.

  32. Nama : Indriani
    ID Twitter : @ryanie31
    Kota Tinggal : Medan

    Kebuntuan dalam melakukan sesuatu, di sini saya maknai bukan hanya sebatas kebuntuan dalam menulis saja.

    Jadi ini yang biasa dilakukan :

    1. Tidur. Yep, cara paling ampuh kalau lagi buntu, baik ketika buntu dalam menulis novel maupun skripsi. Gak perlu lama-lama, cukup 20-30 menit, dengan memutar list lullaby kesayangan. Tapi gak boleh kebablasan tidurnya, karena bisa berabe nanti urusannya, haha. Makanya selalu pasang alarm sebelum tidur dan bangun sesuai jadwal. Setelah bangun, pikiran dan raga pun kembali onfire.

    2. Makan apapun yang lagi dipingin. Gak melulu cokelat atau ice cream. Kerupuk atau keripik pun mampu membangkitkan mood (murah banget yah makanan pembangkit moodnya :p)

    3. Nonton dvd kesukaan atau baca ulang novel-novel favorit.

    4. Jalan-jalan sendirian ke tempat-tempat yang mempunyai kenangan tersendiri. Ke perpustakaan Universitas misalnya.
    Sekalian membangkitkan mood, efek samping dari kegiatan ini adalah kembalinya memori lama yang mampu membuatku tersenyum kala mengingatnya.

  33. Nama : Eka Novita
    twitter : @Kaopixx
    Kota tinggal : pekanbaru

    Kalau saya lagi buntu saat melakukan sesuatu (pekerjaan). Saya akan berusaha menghilangkannya dengan cara jalan-jalan. Saya paling suka jalan-jalan melewati daerah-daerah pertokoan pecinan lama ataupun pasar. Melihat aktivitas orang-orang dengan aktivitasnya, kadang tanpa sadar saya mengkhayal bagaimana jika saya berada di posisi orang lain yang kurang beruntung selama di perjalanan, hal itu membuat saya termotivasi dan ada semangat baru untuk memulai lagi pekerjaan yang tertunda.

    Ketika saya buntu mencari tema tulisan untuk blog, saya akan membaca buku-buka lama koleksi saya, ataupun membaca blog orang lain untuk mencari inspirasi tema tulisan. kadang saya berbincang-bincang dengan teman atau suami, biasanya ide banyak datang dari perbincangan sehari-hari.

    Kalau masih buntu juga, saya memilih untuk beristirahat sejenak seperti tidur dan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan spiritual, seperti perbanyak ibadan dan do’a, berharap akan datang pencerahan dan ide-ide segar dari Allah. Karena hanya Allah yang memegang kunci-kunci dari segala kebuntuan dalam hidup.

  34. Nama : Amanda Wahyu Nandhita
    Twitter : @TataNandhita
    Domisili : Surabaya.

    Kalau aku mengalami kebuntuan dalam melakukan sesuatu, hal apa yang membangkitkan mood-ku?
    1. Biasanya sih aku bakalan online sambil dengerin lagu plus makan camilan. Dijamin bakalan lupa sama mood jelek sebelumnya, soalnya udah fresh lagi waktu dengerin lagu, dan kebuntuan itu juga akan hilang dengan sendirinya karena waktu online itu udah nemuin inspirasi baru lagi.😀
    2. Kalau gak gitu aku bakalan jalan-jalan sambil bawa kamera (meskipun cuma kamera digital). Keluarnya itu ngajak temen, dia yang nyetir aku yang motret-motret. Dari motret-motret itu lah aku bisa ngalihin pikiran aku yang sebenernya lagi buntu. Terus kalau udah capek jalan-jalan (muter-muter) gak jelas, aku pasti mampir ke perpustakaan umum, atau kalau gak ke rental buku langgananku. Untuk ngelepas penat karena capek, lumayan kan sambil baca-gratis. Hihihi…
    3. Terakhir kalau aku bener-bener lagi buntuuuuuuuuuuu yang udah buntu banget. Aku biasnya males ngapa-ngapain kan tuh. Jangankan ngelakuin hal-hal di atas. Turun dari tempat tidur aja rasanya males, pengen marah aja bawaannya. Kalau udah gitu solusi terakhir aku pasti nulis. Ya.. nulis di laptop itu. Aku nulis apa aja yang ada di pikiran aku. Perkara jelas atau gak hasil tulisannya itu masalah nanti. Pokoknya setidaknya kebuntuan itu udah sedikit teratasi. Nah kalau udah ngerasa agak baikan gitu aku lanjut tidur. Dan bangun-bangun aku udah fresh lagi.
    Itu sih, hal-hal yang bakalan membangkitkan moodku lagi. (^_^)

  35. Nama: Fembi Rekrisna Grandea Putra
    Akun Twitter: @fembi_rekrisna
    Kota Tinggal: Karanganyar

    Jawaban: Kadang saya merasakan kebuntuan saat memikirkan ide untuk mengerjakan sesuatu yang telah diberikan oleh orang lain kepada saya. Misalnya saat saya sedang diberi tugas untuk mengerjakan laporan praktikum, membuat desain grafis, atau mengaransemen musik.

    Tentu saja ide tidak langsung datang, padahal perintah tersebut pasti disertai juga dengan adanya deadline. Jika otak saya menemui jalan buntu, hal-hal yang akan saya lakukan untuk membangkitkan kembali mood saya adalah:

    1. Makan cokelat
    Berjalan keluar kamar, buka kulkas, ambil sebatang cokelat (selama persediaan masih ada), :p dan biarkan dia meleleh dalam mulut saya.

    2. Mendengarkan musik
    Sambungkan HP ke speaker, lalu putar musik dari radio favorit sambil nyanyikan lagunya.😀

    3. Berbaring di tempat tidur
    Merebahkan badan sebentar di atas kasur, mungkin otak ini terlalu lelah untuk bekerja, dan bangun jika sudah merasa lebih segar. Tapi beda ceritanya kalau malah ketiduran lama hingga melewatkan deadline. -_-

    Sekian pengalaman saya untuk keluar dari jalan buntu. ^_^

  36. Nama: Bayu Ardhaneswari
    Akun Twitter: @arneeess
    Kota tinggal: Yogyakarta

    Mungkin setiap penulis pernah dan akan ada waktunya untuk merasakan apa itu writer’s block. Nah, kalo aku sih setiap aku enggak bisa nulis apa-apa, stak di suatu paragraf, dan terjebak enggak tahu harus nulis apa lagi, biasanya aku bakalan close Ms.Wordku, matiin laptop dan buka buku darf yang biasanya aku coret-coret awal tentang tulisanku itu. Aku kembali meneliti kehidupan si tokoh gimana, pokoknya baca ulang coret-coretan. Biasanya sih kalo belum terlalu parah, dengan baca darf aku nemu ide lagi.

    Tapi seringnya juga belum ketemu sih, jadi aku biasanya tiduran di atas kasur, kamar kos aku kunci biar enggak ada yang ganggu. Habis itu pikiranku masuk ke dunia khayalanku. Membuat diriku di posisi si tokoh, kalau aku begini apa yang akan aku lakuin, kalau aku dapet masalah gini apa yang pertama harus aku lakuin.

    Dan kalo belum dateng juga idenya, itu berarti i need to talk with people.

    Aku bakalan kirim pesan kilat ke temen-temenku, ngajakin hangout ke tempat seru, mau makan atau nongkrongpun boleh–yang penting aku perlu bersosialisasi.
    Saat bertemu dan mengobrol dengan mereka, dari keluh kesahku yang enggak bisa lanjut nulis, masalah kuliah sampe artis ibukota yang selalu bikin sensasi dari sela-sela obrolan itu aku pasti bakalan dapet ide. Atau saat ngobrol, aku memandangi sekelilingku, melihat apa yang sedang orang-orang lakukan, melihat tipe-tipe orang itu pasti bakalan munculin ide. Saat itu langsung aja aku coret-coret buku darfku, sibuk nulis ide-ide yang kadang ngalir deres kayak keran bocor dan enggak dengerin lagi obrolan temen-temen aku. Biasanya sih mereka udah tahu dan maklum sama situasi aku. Kadang sampe enggak bisa di tahan lagi, aku bakalan ijin pulang duluan buat ngacir pulang ke kos dan ngelajut nulis.

    Saat berproses menulis, aku selalu sempetin baca banyak buku atau nonton film. Karena buat ngasilin banyak tulisan, harus banyak baca juga. Tapi kalo aku kena writer’s block, aku enggak baca atau film lagi, ini semacam pantangan buatku. Soalnya kadang secara enggak sengaja aku nyampurin tulisanku dengan ide buku atau film tersebut, jadi kesannya tulisanku kecampur atau malahan berhenti karena ada ide baru lain.

    Jadi sebegitulah curhatan ceritaku kalo lagi enggak ada ide. Hahaha banyak juga ya. Semoga bermanfaat buat yang baca ya!🙂

  37. Nama : Anis Antika
    Twitter : @AntikaAnis
    Kota tinggal : Surabaya

    Kalau saya seringnya ya mengalami kebuntuan dalam menulis atau mengerjakan laporan keuangan. Kalau sedang mengalami writer’s block, yang saya lakukan biasanya adalah nonton DVD. Mau film atau pun drama seri, terserah. Asalkan genrenya sama dengan apa yang sedang saya tulis. Biasanya, dari nonton itu saya akan dapat inspirasi lagi. Atau kalau tidak, saya akan pergi keluar untuk jalan-jalan. Entah di taman, mall, atau tempat apa pun yang penting suasananya santai. Dengan melihat banyak orang dan banyak aktifitas, biasanya juga saya akan mendapat inspirasi dan semangat lagi untuk kembali menulis.

    Sedangkan kalau mengalami kebuntuan saat mengerjakan laporan keuangan (kerjaan saya sehari-hari di yayasan), yang saya lakukan adalah menghentikan aktifitas mengerjakan laporan tersebut (karena kalau dipaksa melanjutkan hasil laporannya akan kacau), kemudian saya menyeduh teh, menghirupnya terlebih dulu sebelum meminumnya. Mendengarkan musik jazz melalui headphone. Kemudian memejamkan mata (bukan untuk tidur, melainkan mengistirahatkan mata). Setelah pikiran saya kembali rileks, maka saya akan kembali mengerjakan laporan.

  38. kalo aku sih mudah aja. kalo enggak punya uang diem dirumah, dengerin musik, main hp/laptop, bantuin ibu beresin rumah(kalo libur), tidur, main sama kucing aku, membaca, dan menulis juga bisa…
    pokoknya yang positif-positif aja, terus aku paling enggak mau kalo enggak punya uang jalan keluar karena nanti aku malah tergiur mau belanja, mendingan aku tabung aja uangnya buat tambahan biaya masuk kuliah

  39. Nama : Agatha Vonilia M.
    Akun : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    Jika mengalami kebuntuan ada 2 hal yang aku lakuin, pertama ke gereja. Berdoa dan meditasi merupakan cara paling ampuh untuk menenangkan jiwa dan mengistirahatkan pikiran. Ada ketenangan jiwa yang menyusup. Semangat pun rasanya bangkit untuk tidak menyerah dan mencoba lagi. Tidak peduli dengan pandangan orang lain. Selama berusaha walaupun orang lain memandang rendah diriku, tekadku untuk berjuang dan melanjutkan lagi tidak akan pudar. Yang kedua, membaca buku. Buku apapun itu. Terkadang inspirasi dan ide dapat muncul setelah membaca buku. Aku perlu belajar dari orang lain dengan membaca karya-karya mereka. Cara pandang, gaya bahasa dan bagaimana cara mereka bercerita sehingga membuat orang lain menyukai dan tertarik untuk membacanya. Itu yang aku perlukan untuk mendapatkan ide-ide baru. Terima kasih Kak Lucky dan Javier atas GAnya.🙂

  40. Putri Maharani
    @PutriMahhh
    Surabaya

    Hai kak, aku ikutan giveawaynya kakak lagi hehehe…
    Apa yang aku lakuin untuk membangkitkan moodku???
    Colokin headset ke handphone trus buka daftar playlistku trus putar lagu bergenre rock-rock gitu deh. Sambil dengerin lagunya aku juga ikutan karaokean gitu jadi sebelum lagunya diputar aku browsing di mbah google dulu cari lirik lagunya. Setelah ketemu sama liriknya trus baru deh lagu rocknya itu aku putar trus ikutan teriak-teriak bareng vokalisnya nyanyi. Kalo udah teriak-teriak kayak gitu, udahhh… semua yang bikin gak mood jadi mood lagi tapi ya gitu sambil teriak-teriak gak jelas. Kalau orang yang gak kenal banget sama aku pasti dibilang orang gila. Hehehee….

  41. Kalo lagi nulis novel atau cerpen trus tiba2 si writer’s block datang, aku punya 3 kiat yg selalu ampuh.
    1. Putar lagu2 favorite. Krn aku penggemar musik rock, stelah dgr hentakan drum dan teriakan penyanyinya otakku rasanya plong.
    2. Diskusi dgn teman. Aku punya ‘sahabat pena’ yg juga writer wannabe. Jadi kalau lg mentok ide, aku sering diskusi dengannya. Dia sering kasi masukan. Bahkan jika tidak ada masukan sekalipun, ngobrol dengannya tetap bisa bikin mood fresh kembali.
    3. Jika cara pertama dan kedua blm berhasil, aku memilih TIDUR. Writer’s block biasanya dtg karena otak sudah lelah sehingga tidak mampu lagi menghasilkan ide dgn baik. Jalan terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidur.
    Sekian~

  42. Elsa
    @echafunia
    Medan

    Hal yang bisa membangkitkan mood:
    1. Makan
    2. Bersihin rumah
    3. Mandi
    4. Masuk kamar (gk usah keluar lg)
    5. Browsing internet+main sosmed sampe ketiduran
    Bangunnya pasti udh seger lg
    Hahaahahhahahah^_^

  43. Elsa
    @echafunia
    Medan

    Hal yang bisa membangkitkan mood:
    1. Makan
    2. Bersihin rumah
    3. Mandi
    4. Masuk kamar (gk usah keluar lg)
    5. Browsing internet+main sosmed sampe ketiduran
    Bangunnya pasti udh seger lg
    Hahaahahhahahah^_^🙂

  44. Nama: Anisa Listya
    Akun twitter: @417154
    Kota tinggal: Palembang

    Jika saya sedang mengalami kebuntuan dalam melakukan sesuatu, hal yang paling membangkitkan mood-ku adalah ambil wudhu dan sholat meminta ketenangan hati dan kemudahan dari-Nya. Dengan ‘mengadu’ dan berserah pada-Nya hati saya jadi lebih ringan dan Insya Allah kebuntuan akan ada solusinya.

  45. Cara membangkitkan mood versiku:
    1. Sholat & baca Al-Qur’an. Sebagai seorang muslim ini bisa menjadi pilihan utama ketika mengalami sesuatu yang rumit, Allah pasti membantu.
    2. Tidur, ini cara paling ampuh mengatasi kebuntuan. Biasanya kita nggak bisa berfikir karena lelah, tidur bisa menjadi pilihan utama ketika lelah.
    3. Dengerin lagu. Biasanya aku dengerin lagu kpop soalnya ini lagu favoritku, terutama yang iramanya cepet. Pasti mood membaik.
    4. Nyanyi plus ngedance ala kpop.
    5. Masuk kamar/tempat yg sepi buat menyendiri. Kalau sedang mengalami kebuntuan pada suatu masalah rasanya pengen marah. Nah, karena marah nggak baik kita bisa merenung di tempat yang sepi dulu.
    6. Makan, lapar bisa jadi faktor utama kita nggak bisa ngilangin kebuntuan.
    7. Ngemil. Males makan tapi laper? Ngemil bisa jadi pilihan.
    8. Corat-coret kertas. Ini kebiasaan lamaku. Nyobekin kertas kosong sisa tahun lalu terus dikumpulin. Kalau lagi bad mood kertasnya jadi korban vandalisme.
    9. Nonton film/drakor. Cara ini lumayan ampuh buat ngilangin bad mood. Dengan akhir cerita yang bahagia suasana hati juga ikut membaik.
    10. Nonton variety show Korea. Cara ini ampuh banget soalnya variety show Korea itu lucu…. Mengocok perut pokoknya. Sekali nonton, suasana hati benar-benar baik.
    11. Surfing di internet. Ya fb, twitter, email, dll. Kalau nggak stalker blog sama twitter orang.
    12. Main game….!!

    Nama: Ninda R
    Twitter: @galaxyninda
    Domisili: Purworejo, Jateng

  46. Nama : Rifki
    Twitter : @rifki_jampang
    Kota : Jakarta

    Jika saya dilanda bosan saat melakukan pekerjaan yang selalu berhadapan dengan komputer maka saya akan melakukan hal berikut untuk merefresh otak dan pikiran saya.

    Bermain Game Komputer

    Dibanding memainkan game di handphone, saya lebih senang memainkan game di komputer. Saya juga lebih senang bermain game offline dibanding online. Jenis game yang menjadi favorit saya adalah game strategi, antara lain Commandos, Age of Empire, Stronghold Crusader, Empire Earth, Heroes og Might and Magic, dan Battle Realms.

    Nonton Film

    Saya suka nonton film. Tetapi saya tidak suka nonton di bioskop. saya lebih sering nonton film di laptop atau komputer. Genre film yang saya gemari adalah action, komedi, science fiction, dan thriller. Saya kurang suka genre drama.

    Ngeblog

    Menulis di blog dan blogwalking juga saya jadikan sebagai pelarian ketika saya bosan dengan pekerjaan. Setelah berkutat dengan script program dan query database selama beberapa waktu, mengetik aksara di word dan menjadikannya sebuah tulisan cukup mampu membuat penat saya hilang. Selain itu, siapa tahu bisa mendapatkan rezeki dari blogwalking seperti ikutan GA ini dan dapat hadiah buku😀

  47. Nama : Nurhidayanti
    Blog : Yantinurhida.wordpress.com
    Akun twitter : @CallMe_Yanti
    Kota Tinggal : Martapura
    Kalo lagi dilanda kebuntuan itu biasanya aku :
    1. Sholat, berdo’a, merenung. Ngga tau kenapa, setelah sholat, hati rasanya plong dan kebuntuan jadi ilang.
    2. Membaca Novel kesukaan.
    3. Nonton drama korea Favorit.
    4. Tidur. Biasanya kalo pikiran buntu itu mungkin karena kelelahan, jadi istirahat dan tidur bisa jadi cara efektif buat menghilangkan kebuntuan.
    5. Dengeri lagu-lagu kesukaan.

  48. Nama : Widya Neva
    Akun twitter : @widyaneva2
    Kota tinggal : Bandar Lampung

    Saat dilanda kebuntuan, aku melakukan hal-hal berikut ini :
    1. Ke toko buku, – lihat buku-buku keren, beli buku, atau sekadar lihat buku baru /lama yang tertata rapi- rasanya ini semacam surga. Pikiran yang ruwet segera fresh. Energi terisi penuh.
    2. Kalau tak sempat ke toko buku, aku segera menghampiri timbunan buku. Ambil satu dan baca di tempat yang nyaman.
    3. Makan makanan pedas atau coklat
    4. Mendengarkan lagu yg bikin semangat misalnya Lucky day – Every single day, I’m the best dan lain-lain
    5. Baca blog / blogwalking. Kadang ditemui orang lain dalam keadaan yang sama, mereka cerita, memberi saran/solusi , sekadar berbagi pengalaman, menemukan hal-hal baru.
    6. Baca biografi seorang tokoh juga bisa bikin semangat dan ide baru tercipta🙂
    7. Menyapa orang-orang di sekitar, ngajak ngobrol ringan dengan tersenyum, menulis di note fb😀
    8. Berdoa pada Allah, banyak dzikir shalawat dan yang paling sering adalah menelepon ibu ^_^ cerita banyak hal.

  49. nama : Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    akun twitter: @san_fairydevil
    kota tinggal: Jember, Jawa Timur

    Jawab:
    *Kalau buntu di waktu mau nulis:
    1. Dengerin lagu-lagu yang genre-nya poprock. Pokok lagu-lagu ceria. Terus nyanyi-nyanyi sebentar sampai rasanya udah enggak bad mood lagi.
    2. Buat secangkir kopi.
    3. NONTON ANIME!! Bad mood kayak apa pasti jadi good mood. Setelah good mood baru balik nulis.

    *Kalau buntu atau lagi bad mood dalam hal lain dan jatuhnya males mau ngapa-ngapain:
    1. Nyalain musik. Nyanyi-nyanyi sendiri walaupun tau suara jelek. Intinya cuman pingin teriak-teriak sendiri tanpa dikira orang gila.
    2. Cari kesibukan apa aja yang kelihatannya menyenangkan. Misal, beresin kamar. Meskipun bentuknya tetep gitu-gitu aja. Atau berkebun.
    3. Kalau tetep enggak bisa juga, balik lagi ke cara terakhir NONTON ANIME!!

  50. nama: Biondy Alfian
    akun twitter: @biondyalfian
    kota tinggal: Surabaya

    Hmm… saya ambilnya secara spesifik kalau mengalami kebuntuan waktu menulis aja deh😀. Biasanya saya main ke toko buku. Lihat buku-buku baru apa saja yang terbit, suka numpang baca berdiri juga :p. Kadang suka lihat ke bagian buku anak-anak juga.

    Biasanya juga saya coba baca buku yang genrenya tidak biasa kubaca.

    Kalau masih gak bisa juga, biasanya jalan-jalan ke mal untuk lihat2 :))

  51. nama: Rizqa Nurul H.
    twitter: nurul_rizqa
    kota: Yogyakarta
    sebenarnya, banyak hal yg biasanya aku lakukan ketika mengalami kebuntuan, menulis, mengerjakan tugas, dll. ini hal yg biasa aku lakuin untuk meningkatkan mood:
    1. hal yg rutin dilakukan yaitu membaca Al-Quran dan berdoa. segala sesuatu harus dilakukan dengan doa kan🙂 membaca Al-Qur’an bisa menenangkan hati dan pikiran. kalau hati dan pikiranku udah tenang aku bisa melanjutkan pekerjaanku yg tertunda
    2. jalan-jalan, jalan2 nggak perlu jauh2 biasanya deket kos yg penting mencari udara segar dan suasana baru. cara ini efektif untuk menyegarkan pikiran dan mendapatkan ide.
    3. kalo jalan2 udah nggak mempan biasanya aku nnton film, entah itu film horor, komedi, romance, dll. cara ini cukup efektif untuk mendpatkan ide.
    4. aku biasanya baca dari awal tulisan yg aku buat )cerpen, novel, dan tugas), walaupun agakmembutuhkan waktu tp cara ini bisa ngembaliin memoriku ttg ide awal aku menulisnya. setelah membaca kembali q bisa menemukan apa saja yg selanjutnya akan kutulis.
    5. kalo udah kehabisan ide biasanya aku jungkir balik di kasur lalu mencoba tidur, karena sebelumn tidur itulah aku biasanya berimajinasi, dan dari situ bsa memecahkan kebuntuanku. bahkan aku bisa sampai terbawa mimpi. hehehe…
    6. membaca buku/ novel dengan variasi genre. ini membantuku untuk refreshing dan mengembalikan moodku. aku bner2 suka membaca🙂
    sebenarnya masih byk hal yg biasanya aku lakuin dan hal-hal di atas biasanya tak lakuin secara random(kecuali no 1) karena beda masalah beda penyelesaiannya. terima kasih🙂

  52. Nama : Aisy KD
    Kota asal : Batu
    Twitter : @AisyKaDe

    Sebagai seseorang yang gemar menulis apa saja, entah itu puisi, cerpen, atau diary/jurnal, writer’s block adalah sesuatu yang lumrah ditemui. Seperti lumrahnya menemui apel di Kota Batu wkwk.
    Singkatnya inilah beberapa hal yang biasa aku lakukan bila sedang mengalami writer’s block :

    1. Mandi : Dinginnya air di Kota Batu memberi efek kejut yang tak disangka bisa membikin badan dan pikiran rileks, sehingga setelah mandi biasanya badan dan pikiran segar kembali.
    2. Foto-foto : Foto-foto yang dimaksud di sini bukanlah selfie. Justru writer’s block akan bertambah parah karena enek melihat muka sendiri wkwk. Aku paling suka memfoto pemandangan, bisa jadi pemandangan di luar rumah, atau di sawah dekat rumah. Kadang memfoto hal-hal seperti lumut itu bisa memberi inspirasi untuk tulisanku.
    3. Membaca : Paling suka membaca buku kiat menulis atau tips-tips menulis sebab hal itu mengembalikan semangat menulis. Atau buku cerita kanak-kanak yang punya gambar/ilustrasi unyu-unyu.

    Intinya writer;s block itu kondisi jenuh ketika menulis dan cara terbaik untuk mengatasinya tergantung pribadi masing-masing🙂

  53. Nama: Dini Adinda
    Twitter: @Diniadndapr
    Kota: Bogor

    Kalo aku lg buntu pas nulis, aku suka dengerin lagu sih sambil meresapi lirik nya. Kadang, aku dapet ide dari lirik2 lagu ituu hehe. Atauga aku bab kak hehe kan suasananya hening tuh, jadi pikiran kita / imajinasi kita ngalir gitu aja hehehe😀

  54. Nama : Rahimah
    Twitter : @rahiey_Mah
    Kota : Aceh

    Kalo ngalamin kebuntuaan saat sedang ngerjain sesuatu, biasanya yang aku lakuin buat ngebangkitin mood-nya lagi, yaitu:
    – Pertama, tinggalin dulu hal yang udah buntu itu biar pikiran sedikit tenang. Percuma kan ngerjain sesuatu tapi kayak gak ikhlas gitu karena pikiran lagi nggak beres dan ujung-ujung malah gak selesai-selesai, kalo pun selesai pasti ada yang gak pas dan akhirnya harus dikerjain lagi.
    – Habis itu, Refreshing. Menurut aku refreshing itu nggak harus yang pergi kemana-mana, ngumpul bareng keluarga aja udah bikin senang apalgi sama adik-adikku. Kalo udah ngumpul sama mereka dijamin seru banget dan pasti bisa balikin mood yang tadinya udan Bad banget untuk jadi baik lagi. Yang bikin seru itu kalo udh ngumpul kerjaan kita biasanya ngeledekin/ngejailin satu sama lain, bukan yg serius-serius lho, bencanda doang. Dan yang selalu jadi korban itu adikku yg cowok yang paling kecil, dia masih kelas 3 SD tapi udah sok-sok tau banget deh dan suka nimbrung juga. Akhirnya jadi korban kami kakak-kakaknya deh, lucunya lagi abis itu dia pasti ngadu sama mama nyuruh marahin kita, eh tapi besoknya dia sendiri yang baikan lagi. Pokoknya hal ini selalu ampuh deh buat balikin mood yang tiba-tiba down.
    – Selain ngumpul bareng keluarga, hal yang aku lakuin saat tiba-tiba lagi bad mood dan butuh pencerahan, biasanya aku ngajakin teman-teman ngerusuh digrup. Itu juga seru banget lho! Apalgi kalo ada topik yang seru, kayak si A baru aja jadian si B lagi galau, dll. Bisa sampe tengah malam tuh kalo ada topik kayak gitu, apalgi teman-temanku seru-seru semua plus tukang jail lagi. Yang ini juga bisa balikin mood jadi baik lagi dan dari sini aku biasanya sering nemuin hal-hal baru.

    Itu aja sih hal-hal yang sering aku lakuin kalo lagi ngalamin kebutuan saat ngerjain sesuatu. Bagi aku kebersamaan itu yang selalu bikin perasaan jadi tenang dan pikiran jadi lebih baik.
    thanks kak, wish me luck🙂

  55. Yang pasti matikan laptops, duduk diberanda baca buku sambil minum teh/kopi.bermain dengan hewan peliharaan, jalan2 sama keluarga ketempat rekreasI/main ke mall, meditasi.Nonton film bisa bikin fresh.

    Melakukan hal yang disukai kadang bisa keluar ide2 cerita baru/ kisah lain tentang cerita, judul, mau bikin tokoh karekternya beda.bisa keluar ide buat lanjutin nulis naska. Hal2 yang sering aku lakukan kalo lagi mengalami kebuntuan saat ngerjain sesuatu.kadang kalo stress muncul ide2 yg harus segera ditulis/dikerjakan membuat hati senang jadi bikin tenang.
    Hal2 yg bikin kita relaxation bisa menghilangkan kebuntuan dalam menulis cerita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s