catatan kehidupan

Daftar Bacaan 2017

Ada saatnya kita harus memilih antara mengubah halaman dan menutup buku. -Josh Jameson-

Seperti yang saya ceritakan di postingan July – December Book Haul 2017, saya sangat mengurangi kegiatan di blog buku karena banyaknya aktivitas ke luar kota, bahkan luar provinsi. Terutama di tengah tahun akhir, Juli – Desember, bisa dikatakan saya lebih banyak kegiatan di luar. Ah, kata siapa pustakawan bisa duduk manis manjah di perpustakaan… x))

MEI, JUNI, JULI, AGUSTUS adalah bulan paling sedikit membaca. Sebenarnya dari April, saya sudah mulai sibuk persiapan untuk Pemilihan Guru & Tendik Berprestasi versi Kemdikbud, bukan sebagai peserta, tapi sebagai panitia inti di mana memiliki beban cukup berat karena kota kami pas tahun lalu (waktu saya ikut) hampir memborong semua nominasi untuk mewakili Lampung. Yang artinya tahun ini juga harus kerja keras mencari bibit baru sebagai regenerasi, dan alhamdulillah, berkat kemauan dan kerja keras untuk pustakawan masih diraih Kota Metro untuk mewakili Lampung. Di sela-sela itu, saya yang memang tidak prepare untuk ikut lomba, malah dipanggil lagi untuk ikutan Pemilihan Pustakawan Berprestasi versi PERPUSNAS untuk tingkat provinsi. Jadi bisa dibayangkan, konsentrasi terpecah di bulan JUNI, antara membimbing pustakawan lain untuk maju ke lomba versi Kemdikbud, sedangkan saya sendiri harus persiapan ikut lomba yang versi PERPUSNAS. Jujur, saya tidak punya ekspetasi apa-apa untuk ikut pemilihan kali ini, apalagi saya sudah pernah juara 1 tingkat provinsi tahun 2015 tapi gagal ke nasional karena terkendala syarat masa kerja dan pangkat. Sedangkan tahun lalu pun hanya juara 3.

Tapi takdir berkata lain, akhirnya tahun ini saya berhasil ke nasional (kembali) dengan pemilihan yang berbeda. Degan-degan banget. Jika tahun lalu kan ikut yang nasional versi Kemdikbud yang artinya semua finalis adalah pustakawan sekolah. Nah, yang versi PERPUSNAS ini, pas baru dapet kiriman email tentang list finalis seluruh Indonesia aja, saya sudah gemetaraan liat nama-namanya. Ya ampun, ada banyak yang udah S2, bahkan beberapa S3. Bahkan tahun lalu, tidak ada yang dari pustakawan sekolah. Tahun ini ada dua yang dari pustakawan sekolah, selain saya, satu lagi perwakilan NTT, itupun beliau udah S2. Lainnya pustakawan universitas dan perpustakaan daerah. Sebagian besar juga menjabat sebagai kepala perpustakan. Ini mah saya cuma kayak remahan biskuit… x))

Kenapa saya lebih menceritakan ini dipostingan daftar bacaan, ketimbang di postingan label pustakawan yang juga tiap tahun saya tulis? Karena untuk lomba kali ini berkaitan erat dengan blog buku ini. Untuk tingkat provinsi, saya memilih karya tulis tentang Meningkatkan Minat Baca Melalui Resensi Buku. Sebenarnya bahasan tentang minat baca udah standar banget, rata-rata biasanya membahas minat baca rendah, tapi bedanya saya mengulas tentang resensi buku yang selama ini memang saya lakukan.

Nah, AGUSTUS pas di nasional, ada sesi persentasi tapi harus dibuat pas hari H. Temanya pun ditentukan. Dari empat tema yang ditentukan, saya memilih mengambil tema tentang pengembangan koleksi yang juga masih berkaitan dengan blog buku ini; Pengembangan Koleksi di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Oya, sehari sebelum sesi persentasi ada sesi wawancara. Jika peserta lainnya rata-rata lebih banyak ditanya tentang teori perpustakaan, saya malah lebih banyak mendapatkan pertanyaan tentang resensi buku. Bahkan tiga dari tujuh juri meragukan kemampuan membaca saya. Katanya mustahil satu tahun bisa membaca, bahkan membuat 200 resensi buku meski sudah ada buktinya di blog ini. Jikalau saya melakukannya, berarti saya tidak melakukan pekerjaan pustakawan lainnya. Padahal kan selama ini saya membaca dan membuat postingannya justru malam hari. Di situ saya sedih… :’) Padahal banyak juga kan blogger buku yang jumlah bacaannya melebih saya, dan mereka pun juga bekerja 😀

Meskipun begitu, lewat pemilihan ini, saya senang sekali karena bisa berkesempatan berkenalan dengan pustakawan-pustakawan asli yang lebih senior. Ya, 90% pesertanya sudah berumur seperti bapak dan ibu saya sendiri, yang artinya dari segi pengalaman sudah sangat luar biasa hebatnya mereka dalam dunia perpustakaan. Begitu juga dengan para juri yang memang berlatar belakang perpustakaan. Semoga semangatnya menular ke saya yang semangatnya anjlok tahun ini.

Untuk lengkap seputaran dunia pustakawan, seperti biasa sudah saya ulas lengkap di LABEL PUSTAKAWAN 2017 (Part 2) ya 😉 Dan alhamdulillah untuk tahun ini berkat blog ini bisa berkesempatan di ulas di beberapa media online, di antaranya:

  1. Yuk, kenalan dengan 7 Pustakawan Indonesia Melalui Blog Mereka
  2. 7 Perempuan Tangguh Penggerak Literasi
  3. Blog Para Pustakawan Yang Perlu Anda Ketahui
  4. Pegiat Literasi Perempuan Berpengaruh di Metro

Kadang saya mikir, apa yang saya lakukan selama ini meski hanya sekedar hobi dan passion, ternyata ada gunanya juga. Terima kasih apresiasinya. Bahkan ada seorang bapak yang memiliki anak masih berstatus pelajar yang memiliki bakat luar biasa mendatangi saya. Katanya, dia merasa anaknya seperti nasib saya, tidak begitu dikenal di daerahnya tapi justru dikenal di luar daerah. Ya, anaknya merupakan penulis muda yang berhasil menerbitkan buku di penerbit mayor. Sungguh luar biasa kan. Tapi begitulah, yang namanya di daerah kecil, tidak semua orang bisa memahami kita yang ‘berbeda’. Bahkan, sampai sekarang masih suka ada kok yang mencibir dengan ‘label pustakawan’ yang melekat pada diri saya, bukan orang lain, tapi saudara sendiri.

AGUSTUS, SEPTEMBER, OKTOBER. Ini rekor bolak-balik ke luar Provinsi, udah kayak gasingan, wkwkwk.. 😀 Tapi ya dinikmati ajalah. Konsekuensinya, saya mengurangi blogtour karena khawatir tidak kepegang. OKTOBER & NOVEMBER dihadapkan pada suatu masalah yang sangat bikin down. Bahkan ketika berat saya naik 7 kilo di tengah tahun awal (Agustus saat lomba pun saya harus mempermak semua batik yang akan saya pakai karena nggak muat :p), gara-gara masalah ini berat badan saya turun dan BB kembali seperti tahun 2016. Gagal deh penggemukan 😦 Masih mending sih karena masalah ini efeknya cuma turun berat badan karena nggak nafsu makan plus jadi susah tidur, bahkan ada orang lain sampai drop masuk rumah sakit. Saya sampai berpikir, kok hari gini masih ada ya orang yang menari di atas penderitaan orang lain :’) Menjadi pembelajaran, terkadang kita memang harus menolong, tapi apa gunanya jika kita menolong justru kita yang masuk jebakan 😦

Sama seperti tahun lalu, saya masih rajin nonton meski tiga bulan cuti nonton drakor. Bisa di cek di blog non buku: catatanluckty. Di blog itu pula, untuk tahun ini selain posting tempat-tempat wisata, saya juga rajin review kuliner. Karena selain hobi baca, saya juga hobi makan. Yang herannya ni badan kok gak nambah berat badannya 😦

Oya, tahun ini saya tergabung dengan #TapisBlogger, yaitu komunitas blogger yang berdomisili di Lampung. Saya jadi punya banyak pengalaman baru. Dan pengen buat buku juga seperti mereka, karena selama ini bisanya cuma bisa nulis resensi buku orang 😀

Terima kasih Penerbit Haru atas kerjasamanya:

Terima kasih Mbak Arumi, nama saya mejeng jadi salah satu tokoh yang juga sebagai pustakawan di novel terbarunya:

Berikut daftar bacaan selama 2017 yang menurun drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya:

JANUARI

  1. Yes, I Do (But Not With You) https://www.youtube.com/watch?v=qelssW-J-8Y
  2. Critical Eleven https://luckty.wordpress.com/2017/01/07/review-critical-eleven/
  3. Me Without You https://luckty.wordpress.com/2017/01/07/blogtour-review-me-without-you-giveaway/
  4. A Man Called Ove https://luckty.wordpress.com/2017/01/10/review-a-man-called-ove/
  5. Dilatasi Waktu https://luckty.wordpress.com/2017/01/12/review-dilatasi-waktu/
  6. Cinderella Teeth https://luckty.wordpress.com/2017/01/13/review-cinderella-teeth/
  7. Sabtu Bersama Bapak https://luckty.wordpress.com/2017/01/14/review-sabtu-bersama-bapak/
  8. Love in Montreal https://luckty.wordpress.com/2017/01/16/review-love-in-montreal/
  9. Wish: Sexual Harrsement https://luckty.wordpress.com/2017/01/18/review-wish-sexual-harassement/
  10. A Shoulder to Cry On https://luckty.wordpress.com/2017/01/19/review-a-shoulder-to-cry-on/
  11. Antara Surabaya – Solo https://luckty.wordpress.com/2017/01/20/review-antara-surabaya-solo/
  12. Room https://luckty.wordpress.com/2017/01/23/review-room/
  13. Let Me be With You https://luckty.wordpress.com/2017/01/24/review-let-me-be-with-you/
  14. Se7en: Seduction https://luckty.wordpress.com/2017/01/25/review-se7en-seduction/
  15. Remember Amsterdam https://luckty.wordpress.com/2017/01/26/review-remember-amsterdam/
  16. Baper https://luckty.wordpress.com/2017/01/27/review-baper/

FEBRUARI

  1. Unrequited Love https://luckty.wordpress.com/2017/02/02/review-unrequited-love/
  2. Rahasia Batik Berdarah https://luckty.wordpress.com/2017/02/06/review-rahasia-batik-berdarah/
  3. Happiness is You https://luckty.wordpress.com/2017/02/08/blogtour-review-happiness-is-you-giveaway/
  4. Kabut di Bulan Madu https://luckty.wordpress.com/2017/02/09/review-kabut-di-bulan-madu/
  5. Obladi Maria Diabla https://luckty.wordpress.com/2017/02/13/review-obladi-maria-diabla/
  6. Membunuh Cupid https://luckty.wordpress.com/2017/02/21/blogtour-review-membunuh-cupid-giveaway/
  7. #temantapimenikah https://luckty.wordpress.com/2017/02/24/review-temantapimenikah/
  8. Semua Ikan di Langit https://luckty.wordpress.com/2017/02/28/review-semua-ikan-di-langit/

MARET

  1. Bridge to Terabithia https://luckty.wordpress.com/2017/03/02/review-bridge-to-terabithia/
  2. Imaji Terindah https://luckty.wordpress.com/2017/03/07/review-imaji-terindah/
  3. Bapering https://luckty.wordpress.com/2017/03/08/review-bapering/
  4. Autumn Kiss https://luckty.wordpress.com/2017/03/13/blogtour-review-autumn-kiss-giveaway/
  5. Ya Allah Aku Rindu Ibu https://luckty.wordpress.com/2017/03/13/review-ya-allah-aku-rindu-ibu/
  6. I’ll be Your Wife https://luckty.wordpress.com/2017/03/16/review-ill-be-your-wife/
  7. Tahajud Cinta di Kota New York https://luckty.wordpress.com/2017/03/25/review-tahajud-cinta-di-kota-new-york/
  8. Memento https://luckty.wordpress.com/2017/03/26/review-memento/
  9. Kedai Bianglala https://luckty.wordpress.com/2017/03/27/review-kedai-bianglala/
  10. Perempuan Lolipop https://luckty.wordpress.com/2017/03/28/review-perempuan-lolipop/
  11. Semusim dan Semusim Lagi https://luckty.wordpress.com/2017/03/29/review-semusim-dan-semusim-lagi/
  12. Landline https://luckty.wordpress.com/2017/03/30/review-landline/
  13. Faith and the City https://luckty.wordpress.com/2017/03/31/review-faith-and-the-city/

APRIL

  1. Starry Night https://luckty.wordpress.com/2017/04/06/blogtour-review-starry-night-giveaway/
  2. Heart Reset https://luckty.wordpress.com/2017/04/07/blogtour-review-heart-reset-giveaway/
  3. Seribu Tahun Mencintaimu https://luckty.wordpress.com/2017/04/10/blogtour-review-seribu-tahun-mencintaimu-giveaway/
  4. Mahardikans https://luckty.wordpress.com/2017/04/12/blogtour-review-mahardikans-giveaway/
  5. Trisula Mentari https://luckty.wordpress.com/2017/04/16/review-trisula-mentari/
  6. Dari Buku ke Buku https://luckty.wordpress.com/2017/04/20/review-dari-buku-ke-buku/
  7. Twin Flames https://luckty.wordpress.com/2017/04/24/blogtour-review-twin-flames-giveaway/

MEI

  1. Man’s Defender https://luckty.wordpress.com/2017/05/01/blogtour-review-mans-defender-distinguished-trilogy-1-giveaway/
  2. Among the Pink Poppies https://luckty.wordpress.com/2017/05/26/blogtour-review-among-the-pink-poppies-giveaway/
  3. Girl meet boy https://luckty.wordpress.com/2017/05/27/review-girl-meets-boy/
  4. Evergreen https://luckty.wordpress.com/2017/05/29/review-evergreen/
  5. Tru & Nelle https://luckty.wordpress.com/2017/05/30/review-tru-nelle/

JUNI

  1. Who Am I https://luckty.wordpress.com/2017/06/02/blogtour-review-who-am-i-giveaway/
  2. Then & Now https://luckty.wordpress.com/2017/06/04/review-then-now/
  3. Rahwana https://luckty.wordpress.com/2017/06/12/blogtour-review-rahwana-giveaway/
  4. The Little Paris Bookshop https://luckty.wordpress.com/2017/06/15/review-the-little-paris-bookshop/
  5. #CrazyLove Move On https://luckty.wordpress.com/2017/06/18/review-move-on-crazylove/
  6. Friendzone https://luckty.wordpress.com/2017/06/19/review-friendzone/
  7. Bad Romance https://luckty.wordpress.com/2017/06/19/review-bad-romance/

JULI

  1. Glaze https://luckty.wordpress.com/2017/07/05/review-glaze/
  2. One Little Calling Hope https://luckty.wordpress.com/2017/07/14/review-one-little-thing-called-hope/
  3. Dear, Me https://luckty.wordpress.com/2017/07/17/review-dear-me-giveaway/
  4. Just Let Me Know https://luckty.wordpress.com/2017/07/19/blogtour-review-just-let-me-know-giveaway/
  5. Siwa 2 https://luckty.wordpress.com/2017/07/24/blogtour-review-siwa-2-giveaway/
  6. Hujan https://luckty.wordpress.com/2017/07/26/review-hujan/
  7. Blue Romance https://luckty.wordpress.com/2017/07/31/review-blue-romance-2/

AGUSTUS

  1. The Book Club https://luckty.wordpress.com/2017/08/04/review-the-book-club/
  2. Time Will Tell https://luckty.wordpress.com/2017/08/10/review-time-will-tell/
  3. Forever Monday https://luckty.wordpress.com/2017/08/12/review-forever-monday/
  4. Nightfall https://luckty.wordpress.com/2017/08/20/review-nightfall/
  5. Satu Ruang https://luckty.wordpress.com/2017/08/28/blogtour-review-satu-ruang-giveaway/

SEPTEMBER

  1. Beauty Sleeps https://luckty.wordpress.com/2017/09/01/review-beauty-sleeps/
  2. Believe https://luckty.wordpress.com/2017/09/02/review-believe/
  3. Sylvia’s Letters https://luckty.wordpress.com/2017/09/03/review-sylvias-letters/
  4. The False Prince https://luckty.wordpress.com/2017/09/04/review-the-false-prince/
  5. Listen to My Heartbeat https://luckty.wordpress.com/2017/09/07/review-listen-to-my-heartbeat/
  6. Persembahan Teruntuk Bapak https://luckty.wordpress.com/2017/09/11/blogtour-review-persembahan-teruntuk-bapak-giveaway/
  7. Terror Diari Tua https://luckty.wordpress.com/2017/09/15/review-teror-diari-tua/
  8. Momiji https://luckty.wordpress.com/2017/09/17/review-momiji/
  9. Teman Tapi Menikah 2 https://luckty.wordpress.com/2017/09/19/review-temantapimenikah2/
  10. Candrasa https://luckty.wordpress.com/2017/09/28/review-candrasa/

OKTOBER

  1. What a Boss Wants https://luckty.wordpress.com/2017/10/03/review-what-a-boss-wants/
  2. Pacarku Jatuh dari Langit https://luckty.wordpress.com/2017/10/09/review-pacarku-jatuh-dari-langit/
  3. Peony’s World https://luckty.wordpress.com/2017/10/14/blogtour-review-peonys-world-giveaway/
  4. Hitam Putih https://luckty.wordpress.com/2017/10/16/blogtour-review-hitam-putih-giveaway/
  5. Sophismata https://luckty.wordpress.com/2017/10/20/review-sophismata/
  6. Positive https://luckty.wordpress.com/2017/10/23/review-positive-giveaway/
  7. Someday https://luckty.wordpress.com/2017/10/25/review-someday/

NOVEMBER

  1. Silariang https://luckty.wordpress.com/2017/11/01/review-silariang-giveaway/
  2. Game of Hearts: Love In Las Vegas https://luckty.wordpress.com/2017/11/03/review-game-of-hearts-love-in-las-vegas/
  3. A Thing Called Us https://luckty.wordpress.com/2017/11/08/review-a-thing-called-us-giveaway/
  4. Im (perfect) Serenade: Love In Verona https://luckty.wordpress.com/2017/11/10/review-im-perfect-serenade-love-in-verona/
  5. Kohesi https://luckty.wordpress.com/2017/11/13/blogtour-review-kohesi-giveaway/
  6. Parade Para Monster https://luckty.wordpress.com/2017/11/14/blogtour-review-parade-para-monster-giveaway/
  7. Posesif https://luckty.wordpress.com/2017/11/16/review-posesif-2/
  8. Road to Your Heart: Love in Ho Chi Minh https://luckty.wordpress.com/2017/11/17/review-road-to-your-heart-love-in-ho-chi-minh/
  9. 33 Kisah Me Time Perjalanan Ibu Bahagia https://luckty.wordpress.com/2017/11/20/33-kisah-me-time-perjalanan-ibu-bahagia/
  10. Unforgettable Sunset: Love in Santorini https://luckty.wordpress.com/2017/11/23/review-unforgettable-sunset-love-in-santorini/
  11. I am Yours https://luckty.wordpress.com/2017/11/25/blogtour-i-am-yours-giveaway/
  12. All the Missing Girls https://luckty.wordpress.com/2017/11/28/review-all-the-missing-girls/

DESEMBER

  1. Petang Panjang di Central Park https://luckty.wordpress.com/2017/12/02/review-petang-panjang-di-central-park/
  2. Curiosity House the Shrunken Head https://luckty.wordpress.com/2017/12/11/review-curiosity-house-the-shrunken-head/
  3. Majo & Sady vol. 2 https://luckty.wordpress.com/2017/12/12/review-majo-sady-vol-2/
  4. Cruel Crown https://luckty.wordpress.com/2017/12/14/review-cruel-crown/
  5. 5 Detik & Rasa Rindu https://luckty.wordpress.com/2017/12/15/review-5-detik-rasa-rindu/
  6. The Heartbroken Heartbreaker

22 thoughts on “Daftar Bacaan 2017”

    1. Hehe.. Iya, sebenarnya nggak cuma pustakawan, hampir semua profesi ada kompetisi semacam ini kok. Soalnya pas ke gedumg DPR/MPR biasanya bakal ketemu banyak profesi lain yang lagi berjuang di tingkat nasional. Mulai dari dokter, bidan, guru, camat, lurah, dsb 😁😁

    1. Ini justru tahun paling sedikit bacaannya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya loh 😂😂 ayo, sama-sama semangat membaca di tahun 2018 😘😘

  1. Sealu salut sama K Luckty yang meskipun sibuk tapi tetap bisa meluangkan waktu mereview semua buku bacaannya. Apalah aku ini yang banyak baca tp nda ada 1/2nya berhasil kubuat reviewnya T__T

    1. Mbak Kitty juga kece loh. Meski udah berkeluarga dan punya anak, masih semangat baca. Sekarang juga merambah ke bookstagram juga, kan? 😉

  2. jadi malu , aku mah baca sedikit tahun ini, sudah berencana mau baca buku banyak ternyata untuk memulai sangat susah ya

    1. Tahun ini juga paling sedikit baca dibandingkan tahun lalu, lagi kena reading slumps nih… x)) Ayo, semangat baca lagi untuk tahun depan yaaa… 😉

  3. Wuih keren perjuangangannnya…. Bikin haru….. Semangat buk!…
    Semoga tahun depan ada cerita lain yang juga menginspirasi….
    Sementara masih belum ada niatan jadi pustakawan… Baru sekedar doyan baca…
    Salam literasi 😊

Leave a comment