REVIEW The Arabian Nights: Kisah-kisah Fantastis 1001 Malam

Sultan Shahryar memiliki seorang istri yang sangat ia cintai melebihi apapun di dunia ini. Kebahagiaan terbesar baginya adalah melimpahi sang istri dengan kemuliaan, memberinya pakaian dan permata yang terindah. Tetapi betapa sedih dan malu dirinya ketika tanpa sengaja ia mengetahui bahwa istrinya selama ini telah menipunya. Sultan menganggap tingkah laku istrinya itu sungguh tercela dan memerintahkan sang wazir agung menjatuhinya hukuman mati.

Kemurkaan sultan membuatnya kehilangan akal, hingga ia yakin semua wanita sama jahat dan liciknya seperti istrinya. Dalam pikirannya, semakin sedikit wanita di dunia maka semakin baiklah dunia ini. Oleh karena itu setiap malam ia menikahi seorang gadis dan di pagi harinya ia menyuruh sang wazir agung untuk membunuhnya.

Perbuatan sultan membuat seluruh negeri dicekam ketakutan, tiap hari selalu terdengar tangisan dan ratapan. Di sebuah rumah, seorang ayah menangis tersedu karena kehilangan anak gadisnya. Sedangkan di rumah lainnya seorang ibu meratapi nasib malang putrinya. Kini bukan berkah yang mengelilingi sultan seperti biasanya, melainkan kutukan.

Hingga suatu hari anak dari salah satu sang wazir justru mengajukan diri untuk dinikahi sang sultan.sheherazad nama gadis itu. Menguasai filsafat, kedokteran, sejarah, dan seni dengan baik. Selain itu semua, kecantikan Sheherazad juga melampaui semua gadis di negeri Persia.

Gadis yang cerdas ini rela dinikahi dengan satu syarat sederhana. Dia minta diijinkan adiknya tidur di kamar bersamanya saat malam terakhirnya. Sebelum matahari terbit, sang adik minta diceritakan salah satu cerita terbaiknya.

Dan cerita pun dimulai….

Kisah-kisah fantastis 1001 malam ini yang diawali cerita Sultan Shahryar dan Putri Sheherazadpun berlanjut ke Kisah Pedagang dan Jin. Dan ke kisah-kisah lainnya berjumlah tiga puluh lima ini sungguh memikat. Jarang-jarang bisa membaca cerita berbingkai macam ini. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan cerita berbingkai?

Menurut WIKIPEDIA, Cerita berbingkai merujuk kepada bentuk antara kesusasteraan purba yang telah termasyur ke seluruh dunia, yang berpunca atau berpokok daripada suatu cerita yang kemudiannya menceritakan bermacam-macam cerita lagi dalam cerita asalnya. Maka cerita yang menjadi punca atau pokoknya itulah yang dianggap sebagai bingkai­nya. Di antara buku-buku yang boleh digolongkan kedalam cerita-cerita jenis berbingkai ini adalah:

  • Hikayat Bayan Budiman
  • Hikayat Bakhtiar
  • Hikayat Ghulam / Hikayat Raja Ajami Azbakh
  • Hikayat Kalilah wa-Damnah / (Hikayat Panchatanderan)
  • Hikayat Alfu lailah wa-iailah atau Hikayat Seribu Satu Malam.

Kisah yang paling dikenal tentunya adalah Aladdin dan Lampu Ajaib. Dari sekian banyak banyak kisah, cerita favorit adalah Kuda AjaibSo sweet sekali kisah antara Pangeran Firousyah dan Putri Bengali ini. Simak dalam kalimat berikut;

“Aku hanya memiliki hatiku dan itulah yang akan kupersembahkan padamu. Ah, apa yang kukatakan? Milikku? Oh, Tuan Putri, hatiku telah menjadi milikmu sejak pertama aku menatap matamu.” (hlm. 232) – aihh..mateee… ƪ(˘⌣˘)┐ƪ(˘⌣˘)ʃ┌(˘⌣˘)ʃ

“Putri, mungkin dalam hati kau mengira aku sama seperti para pria yang kesetiannya tak dapat dipertahankan saat kekasihnya tak ada. Jika memang benar begitu, kau salah duga. Jika bukan karena takut kau tak akan suka, aku pasti telah memohon padamu untuk ikut bersamaku meninggalkan istana ini karena hidupku hanya akan bahagia jika bersamamu” (hlm. 235)

Dari banyak buku terbitan Katta yang pernah dibaca, saya paling menyukai buku ini. Baik dari segi cerita yang unik nan menakjubkan karena kita disuguhi cerita berbingkai, hingga pemilihan font dan size serta jenis kertas yang disajikan menambah nilai plus buku ini.. (´⌣`ʃƪ)

Keterangan Buku:

Judul                : The Arabian Nights: Kisah-kisah Fantastis 1001 Malam

Penulis              : Andrew Lang

Penerjemah      : Titik Andarwati

Editor               : Anton WP

Desain cover    : Isthis Comic

Layout              : Yudhi

Penerbit            : Katta

Terbit               : 2011

Tebal                : 272 hlm.

ISBN               : 978-979-1032-56-8

Cover versi lain:

About these ads

14 Comments

  1. kok serem banget ya kisahnya…. kok sultan syahrar jahat yaa…. arabian nights, sepertinya kita harus buat indonesian nights huahaha. entah kenapa membaca review ini kok jadi inget sama ceritanya siti nurbaya ya? :O dengan sultannya sebagai datuk maringgih yang nyebelin -.-v

  2. Aje gilee…
    ngebunuh istri2nya… Na’udzubillah…
    Btw, isinya buat penasaran nih.
    Retorika di kutipan yg di atas tuh, MANTEB banget. T.O.P.B.G.T.
    Serasa dunia milik berdua saja, gak ada yang gangguin. Biar ngeluarin kata personifikasi sebanyak apapun, gak ada yang bisa ngasih turun si ceweknya karena terbang2 denger cowonya ngerayu.
    Hahaha. Jatuh cinta. Sesuatu bangeeeeetttt eee… :D

  3. Jual Buku Hikayat 1001 Malam 1 set/Jilid 1 sd 4
    Harga normal Rp. 625.000,-
    Harga diskon Rp. 350.000,-

    (langsung dari penerbit)
    Gratis ongkir wilayah DKI Jakarta,
    Luar DKI Jakarta sesuai tarif ekpedisi.
    Pembayaran bisa COD untuk DKI Jakarta
    Info lebih lanjut Hub. PT Qisthi Jl. Melur Blok Z No 7 Duren Sawit Jakarta Timur 13440 Telpon. 021 8610159 Cp. Sapto S Hp.0818150579

  4. Aku belum membaca buku ini, tetapi dari apa yang disajikan oleh peresensi, rasanya memberikan sedikit gambaran bahwa laki-laki juga dapat dibutakan oleh yang namanya cinta, tetapi sekalinya kepercayaan dinodai seperti peribahasa nila setitik rusak susu sebelanga. Memang kesannya nggak adil banget kalau kemudian menganggap bahwa semua perempuan itu penipu hanya karena pernah sekali ditipu perempuan. Pelajarannya lebih hati-hati saja, dan jangan terlampau memuja sesuatu. Sebab kadang kala, kemudahan itu membuat orang lebih mudah melakukan hal yang nggak-nggak. Satu cerita berbingkai yang sudah ternama. Terima kasih sudah berbagi resensinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s