resensi

REVIEW 77 Pesan Abadi Nabi untuk Wanita

“Barang siapa menunjukkan suatu kebaikan, ia berhak untuk mendapat pahala seperti orang yang melakukan kebaikan itu.” (HR. Muslim)

…. Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah…. (al-Hasyr [59]: 7)

Waktu dapet buntelan ini, suka banget!! Kenapa? Dilihat dari judulnya saja, kita bisa menebak bahwa akan banyak asupan pengetahuan seputar Islam dan Wanita yang akan kita dapatkan setelah membaca buku ini. Ditambah lagi covernya berwarna pink, unyu banget, khas wanita! ƪ(♥▿♥)ʃƪ(♥▿♥)ʃƪ(♥▿♥)ʃ

Dari 77 pesan yang dijabarkan dalam buku ini ada beberapa yang menjadi favorit:

  1. Pesan ke 42: Mempercantik Diri dengan Selain Haknya

Laki-laki dan perempuan yang menghias diri dengan sesuatu yang bukan haknya sama dengan berbuat kepalsuan, berdusta, dan membalik kenyataan sehingga tampaklah sesuatu yang bertentangan dengan kenyataan sebenarnya. Orang serupa ini diserupakan Rasulullah dengan orang memakai baju palsu. Pas baca ini jadi berkaca ke diri sendiri, waduh…apakah saya termasuk golongan ini juga yaaa… ( ʃ⌣ƪ)

  1. Pesan ke 49: Sabar Atas Cobaan

Cobaan dan rasa sakit  tidak lain untuk menghapus dosa-dosa sekaligus bukti bahwa Allah mencintai hamba yang diberi cobaan tersebut. Sakit membersihkan dosa-dosa seorang muslim laksana api yang membersihkan kotoran-kotoran emas dan perak. Maka sakit tidak lain adalah ujian bagi sesorang, apakah ia bersabar atau tidak. Seseorang diuji sesuai dengan agamanya, ia diuji sesuai dengan kadar agamanya. Seorang hamba tidak berhenti mendapat ujian hingga ia berjalan di atas bumi sementara ia telah bersih dari dosa. Dengan demikian, sesungguhnya ujian dengan sakit dan sejenisnya itu sesuai kadar keagamaan seseorang, apakah kuat atau lemah. Bab ini langsung mengingatkan akan mama. Bertahun-tahun mama sakit semasa hidupnya, belum pernah sekalipun pernah mendengar ucapannya mengeluhkan sakit yang dideritanya. Makanya, sampai sekarang jika saya sedang sakit, mencoba berusaha tidakmengeluh dan selalu teringat mama yang dulunya pernah didera sakit yang begitu hebat saja tidak pernah mengeluh, masak saya cuma sekedar sakit flu dan sakit ringan lainnya pake mengeluh?!? (‘⌣’┐) (┌’⌣’)┌ (‘⌣’┐) (┌’⌣’)┌

Beberapa kalimat favorit:

  1. Jika hati baik maka seluruh jasad baik dan jika hati buruk maka seluruh jasad pun buruk. (hlm. 24)
  2. Orang yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. (hlm. 36)
  3. Memegang janji merupakan bagian dari iman, dan iman adalah cahaya di dalam hati, sedangkan mengingkari janji adalah kegelapan. Cahaya dan kegelapan tidak akan berkumpul dalam satu hati. (hlm. 49)
  4. Marah itu tanda lemahnya iman. (hlm. 138)
  5. Jika kamu tidak malu, berbuatlah sesukamu. (hlm. 143)
  6. Bertanya itu kunci ilmu. (hlm. 169)
  7. Sesungguhnya sedekah itu memadamkan amarah Tuhan dan menolak kematian yang buruk. (hlm. 172)
  8. Orang yang memaafkan akan dimuliakan Allah. (hlm. 276)

Jika kau berada pada waktu sore, janganlah menunggu waktu pagi dan jika kau berada pada pagi hari, janganlah menunggu waktu sore, manfaatkanlah kesehatanmu untuk masa sakitmu dan hidupmu untuk matimu. (hlm. 153)

Tumben, menemukan banyak typo:

  1. Semetara (hlm. 151)
  2. Betrsabda (hlm. 173)
  3. Dengen (hlm. 240)
  4. Kulaitas (hlm. 245)

Inilah kado terindah dari Rasulullah agar kita tidak kehilangan arah, hidup bahagia dan diridai Allah. Bacaan yang cocok sekali untuk para wanita dan buat para laki-laki bisa menghadiahkan untuk istri atau (calon) istrinya kelak #eaaa (✽ˆ⌣ˆ✽)

Keterangan Buku:

Judul                : 77 Pesan Abadi Nabi untuk Wanita

Penulis              : Muhammad Khalil Itani

Penerjemah      : M.Abidun Zuhri

Penyunting        : Yusuf Burhanuddin & Navis Rahman

Proofreader      : Abubakar

Pewajah isi       : NurAly

Desain sampul  : AM.Wantoro

Penerbit            : Zaman

Terbit               : 2013

ISBN               : 978-979-024-339-2

7 thoughts on “REVIEW 77 Pesan Abadi Nabi untuk Wanita”

  1. Saya dapat pernah diberi Umi saya buku judunya Pesan Nabi untuk Wanita. hampir sama judulnya..
    Buku umi saya itu sudah usang sekali. kertas putihnya sudah menguning 😦

    hemmm… nanti bukunya saya bongkar bongkar dulu dari lemari..

    mau nyamain Isi buku yang saya punya dengan Reviewnya Mbak Luckty.. 🙂 🙂 🙂

    Reviewnya Ciamik banget 🙂 saya suka 🙂 🙂 🙂

  2. judulnya mengundang sekali hihi sebagai muslimah, pengetahuan aku tentang islam masih bisa dibilang cetek. lewat buku ini mungkin wawasan tentang islam aku bakal lebih luas lagi. makasih reviewnya mba, bakal aku masukkan ke to-buy-list ^^

    kalimat favoritku, “Bertanya itu kunci ilmu. (hlm. 169)” karena aku tipe orang yang agak gengsi untuk bertanya >__<

  3. Dari review di atas dapat diketahui bahwa buku ini sangat berkesan.

    Banyak hal yang dapat kita dapatkan dari review buku di atas. Inti keseluruhanny: bahwa Islam sangat menghargai wanita dan karena itu, wajib hukumnya bagi para wanita untuk menjaga dirinya dengan baik.

    Review yang bermanfaat 🙂

Leave a comment