buku, resensi

REVIEW 365 Ideas of Happiness

PicsArt_12_01_2016_13_40_20[1] Waktu pas baca buku, ya ampyuunnn…jurnalnya unyu banget! Setiap hari, kita dipandu untuk mencoba melakukan sesuatu yang berbeda dan bisa jadi memang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kenapa unyu? Karena banyak selipan ilustrasi yang bikin kita semangat baca bukunya.

Berikut beberapa poin yang sudah pernah saya lakukan:

#14 A Day With Me Journal

Ini adalah salah satu alasan kenapa sampai sekarang saya tidak membuat akun instagram. Di facebook, kita bisa memposting foto yang bisa dibuat album dengan kategori tertentu, beda dengan instagram. Di facebook saya, ada sekitar 150 album foto yang rata-rata tiap album terdiri dari 50-60 foto. Bahkan untuk buntelan dari penerbit pun saya buatkan album khususnya, sekarang menginjak album kesepuluh. Khusus album tentang serba-sebi kegiatan perpustakaan sekolah sudah mencapai album ke dua puluh empat. Banyak keuntungannya, salah satunya adalah saya diajak suatu majalah remaja yang terkenal untuk membahas tentang suatu eskul di sekolah. Waktu jamannya adiwiyata di sekolah, saya sering banget karya murid yang rata-rata berkategori reuse, reduce, recycle. Nah, pihak majalah tertarik karena eskul ini cukup unik. Akhirnya eskul ini mejeng full dua halaman berwarna. Kece badai pokoknya! 😉

ideas 3

#25 Write About Your Passion

Salah satu cara paling mudah untuk memperlihatkan kesukaan kita adalah dengan menulisnya di blog. Informasi yang kita share nggak cuma bakal berguna buat orang lain, tapi juga bisa untuk membangun personal branding. Sejak 2013 saya konsisten posting review buku via blog dan notes facebook lebih dari 200 buku setiap tahunnya; 2013 ada 205 buku, 2014 ada 223 buku dan 2015 ada 230 buku. Jika dihitung dari semenjak memiliki blog di tahun 2008, ada lebih dari 1000 postingan review buku yang sudah ditulis. Hasil dari ini, saya tak hanya kebanjiran buntelan buku tapi juga tawaran kerjasama dari penulis maupun penerbit. Semua postingan beraroma buku, ada di khusus blog buku: https://luckty.wordpress.com/

Nggak hanya soal buku, saya juga hobi banget makan alias wisata kuliner. Siapa sangka tahun kemarin saya lumayan sering dapet voucher makan gratis di beberapa kafe meski ini baru dari segi lokal karena sering upload makanan. Kalau untuk perpustakaan, tahun kemarin berhasil mewujudkan salah satu resolusi yaitu membuat website khusus perpustakaan sekolah. Jadi semua artikel tentang keseharian sebagai pustakawan dan segala kegiatan di perpustakaan sudah dialihkan ke http://perpus.sman2metro.sch.id/

Untuk postingan selain buku atau perpustakan, saya tulis di http://catatanluckty.blogspot.co.id/ yang isinya didominasi postingan buat ikut kuis, lomba atau kompetisi menulis. Meski postingan di blog ini sedikit, lumayan beberapa kali memenangkan lomba. Hadiah terbesar di tahun 2013 mendapatkan windows phone smartfren yang masih berfungsi sampai sekarang, dan tahun 2015 berhasil juara 2 di kompetisi #30HariKotakuBercerita yang hadiahnya berupa uang.

Nah…daripada kurang piknik dan kebanyakan nyinyir di sosmed, mendingan tulis apa yang kamu sukai. Berawal dari hobi siapa tahu menjadi berkah. Cobain gih! 😉

#29 Daur Ulang Sampahmu

Sampah adalah salah satu isu lingkungan yang sangat diperhatikan saat ini karena semakin hari sampah yang dihasilkan manusia semakin menumpuk. Peduli lingkungan sudah saya terapkan sejak zaman kuliah; ikutan acara kampus menanam pohon, misalnya. Yang paling gampang dipraktekkan adalah mengurangi penggunaan tas kresek. Sampai pada hapal, kemana-mana pasti ada tote bag yang disisipkan dalam tas yang dibawa, jadi kalo tasnya nggak muat, biasanya saya akan mengeluarkan tote bag ini sebelum disodori plastik saat membeli sesuatu. Mungkin karena kepedulian terhadap lingkungan inilah saya terpilih sebagai salah satu PJ di rangkaian adiwiyata sekolah yang berhasil masuk tingkat provinsi. Sama sekali tidak melelahkan, tapi justru menyenangkan. Apalagi liat karya murid-murid unyu hasil daur ulang yang tak kalah unyuuu… 😀

ideas 2

ideas 4

#33 Create Your Alter Ego Sosmed Account

Di twitter, saya mengelola tiga akun, selain akun pribadi juga ada akun sekolah dan akun perpustakaan. Di Facebook, saya juga menjadi pengurus beberapa grup; grup SMA dan SMP, salah satunya. Jadi, mana sempat buat curhat ala ababil di sosmed… x))

#79 Have a Power Nap

Power nap adalah tidur siang supersingkat yang cuma memakan waktu sekitar 20-30 menit. Power nap ini bisa membantu kita memperbaiki mood. Sebagai orang yang bekerja, saya tidak mungkin melakukan ritual tidur siang. Tapi, begitu pulang sekolah, sampai di rumah sekitar pukul empat atau setengah lima sore, saya akan tidur selama setengah jam. Dengan begitu, malamnya saya pasti kuat melakukan segala aktivitas sampai pukul dua belas malam. Ya, saya mengalarmkan diri untuk tidak tidur lewat dari jam dua belas. Biasanya jam setengah dua belas, saya akan mematikan laptop atau menyelesaikan membaca buku, dan bersiap ke kamar untuk tidur karena pagi-pagi harus berangkat kerja.

#104 Sampul Buku-buku Favoritmu Supaya Awet

Sebagai pustakawan, ya sudah pasti menyampul buku adalah suatu pekerjaan sekaligus hobi yang menyenangkan. Apalagi kalo buku mahal, rasannya pengen peluk terus, macam pacar limited edition, gyahaha… x)) Menyusun dan membersihkan rak buku juga menjadi ritual yang mengasyikkan loh! 😉

ideas 7#116 Datang ke Acara Komunitas

Tahun lalu, saya nekat ikutan acara #CommeetSLIMS2015 di Malang. Ya, acara rangkaian tentang software perpustakaan yang setiap tahunnya berganti kota. Kenapa nekat? Kami (bertujuh) dari Lampung adalah satu-satunya rombongan yang menggunakan transportasi darat. Karena yang jauh-jauh (ada Aceh sampai Maluku juga datang), semua menggunakan pesawat. Yang lebih nekat lagi adalah dari tujuh orang ini, saya satu-satunya perempuan dan dari Metro sendiri pula, lainnya laki-laki dari Bandar Lampung semua. Untungnya aman pergi pulang x))

ideas 6

#162 Book Giveaway

Semenjak 2012, saya kebanjiran tawaran kerjasama mengadakan giveaway maupun blogtour untuk promosi sebuah buku. Nggak hanya dapet buku, kadang dapet juga tas, kaos, kain batik, mukena, bahkan camilan. Ada juga beberapa yang memberikan fee berupa uang. Prinsipnya, berbagi itu menyenangkan. Dikasih buku aja, rasanya udah senang luar biasa!! 😉

#170 Jadi Mak Comblang

Pustakawan yang single ini sudah beberapa kali berhasil menjadi mak comblang para murid unyu yang cinlok di perpustakaan sekolah. Muridnya dapet jodoh, pustakawannya masih belum nemu jodoh #eaaa #MalahCuhat x))

#173 Sumbangkan Baju Pantas Pakaimu

Ini sudah saya terapkan dari dulu, yang mengajari almarhumah mama. Jadi, beberapa bulan sekali, biasanya bongkar barang-barang di rumah. Sisihkan mana yang nggak dipakai lagi tapi masih bisa dipakai dan yang tidak bisa dipakai sama sekali. Hal ini juga berlaku ama adik-adik. Puasa tahun lalu, bersama adik-adik, ada tiga kardus pakaian yang masih bisa dipakai untuk disumbangkan ke salah satu panti asuhan.

#179 Keep Your Change

Saya hobi banget ngumpulin uang recehan. Bahkan pas lulus kuliah, dari dua celengan berhasil mengumpulkan uang hampir 800.000. Gara-gara ini, besoknya anak-anak kosan pada terinspirasi beli celengan, gyahahaha.. Oya, adik yang cewek juga pernah bongkar celengan hampir nembus 400.000 dan bisa beli sepatu yang ia impikan. Tahun ini, celengan saya berubah, targetnya tiap dapet uang 20.000-an langsung masuk celengan. Uang 20.000-an lebih susah dapetinnya ketimbang uang 10.000-an, tapi disitulah tantangannya 😉

ideas 8 ideas 9

#195 Traktir Orang Lain

Saya selalu menerapkan prinsip; memberi jika menerima, menerima jika memberi. Banyak yang heran kenapa murid mau banget kalo dimintain tolong pas saya repot; labelling buku atau shelving buku yang menguras tenaga? Saya nggak cuma sekedar nyuruh, begitu mereka menyelesaikan apa yang udah diintruksikan, biasanya saya belikan makanan; gorengan atau mie ayam tergantung dari kerjanya. Semakin berat, jelas semakin besar makanan yang dibelikan. Nggak papa lah nombok, yang penting pekerjaan cepat selesai kalau banyak yang membantu x))

#291 Beli Tas atau Sepatu yang Selama Ini Kamu Pengin

Untuk merayakan momen tertentu hasil dari kerja keras kita, saya biasanya menyalurkannya untuk membeli sesuatu yang diidamkan. Dengan catatan, jangan pernah sekalipun hutang untuk menyalurkan impian ini. Hal ini semacam reward untuk diri sendiri karena telah berhasil mencapai suatu target.

#310 Ikut Kuis di Twitter

Tahun 2012 & 2013, saya banci banget ikutan kuis. Semacam ketagihan gitu. Bahkan ada beberapa murid yang juga teracuni buat ikutan kuis. Dulu saya suka bilang ke mereka, daripada ngegalau nggak jelas di sosmed, mending ikut kuis, siapa tahu beruntung. Dan banyak juga ternyata yang beruntung ikutan kuis! 😉

#311 Nonton Stand Up Comedy Secara Langsung

Di salah satu kafe di daerah saya tinggal, ada program khusus menampilkan Stand Up Comedy. Awalnya hanya karena adik jadi MC beberapa kali jadi pengen liat. Lama-lama jadi rutinitas tontonan tiap Rabu malam. Uniknya, beberapa murid unyu di sekolah udah ada beberapa yang berhasil menjadi komika di acara ini. Gegaranya karena dulu beberapa kali saya ajakin mereka ke kafe ini, sekarang malah lebih eksis daripada pustakawannya ini x))

ideas 5#350 Dengerin Lagu-lagu Kesukaanmu Waktu Remaja Dulu

Konon, ketika mendengarkan sebuah lagu, kita akan diajak menelusuri memori masa-masa dulu. Saya nggak pernah bosan yang namanya dengerin lagu-lagu Sheila on 7, mengingatkan zaman sekolah. Pokoknya puter terus playlistnya sampe jebol x))

#360 Share Foto Tempat Terbaik di Kotamu

Meski kini saya udah nggak lagi pegang akun daerah, saya sempat berkenalan dengan beberapa teman seprovinsi berawal dari dunia maya yang sama-sama share tentang kota atau daerah yang masih minim banget kalo kita googling. Kami juga pernah kopi darat. Bahkan tahun lalu, nekat ikutan kompetisi #30HariKotakuBrecerita yang setiap harinya kita diharuskan menuliskan suatu tema yang sudah ditentukan dengan mengeksplorasi daerah masing-masing. Alhamdulillah, sekalinya ikut berhasil juara 2 😉

ideas 1

Itu tadi beberapa poin di dalam buku ini yang sudah saya terapkan. Tahun ini mau mencoba beberapa poin yang belum pernah dilakukan; #19 Buat Infused Water, #39 Make ‘Place I Wanna Go Before I Die’ List, #66 Try Green Smoothie, #68 Tidur Lebih Cepat, #132 Hindari Orang Yang Membawa Energi Negatif, #160 Minum Air Perasan Jeruk Nipis, #341 Kirim Karya Tulismu Ke Media.

Penasaran dengan poin lainnya?!? Segera berburu bukunya dan praktekkan poin-poin yang ada di dalamnya. Niscaya hidup akan berwarna! 😉

Keterangan Buku:

Judul                                     : 365 Ideas of Happiness

Penulis                                 : Nurilla Iryani

Ilustrasi                                                : Puty Puar

Penyunting                         : Ika Yuliana Kurniasih & Baiq Nadia Yunarthi

Perancang sampul           : Puty Karina Puar & Wirastuti

Pemeriksa aksara             : Titish A. K.

Penata aksara                    : gabriel_sih

Penerbit                              : B-First

Terbit                                    : 2015

Tebal                                     : 240 hlm.

ISBN                                      : 978-602-1246-603-3

PicsArt_07_01_2016_13_45_06[1]

4 thoughts on “REVIEW 365 Ideas of Happiness”

Leave a comment